2019, Kemenhub Bangun Jalur Kereta Api Medan ke Danau Toba

Panorama Danau Toba salah satu dari 10 Bali Baru Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA – Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia pada 2019 ini, akan melakukan pembangunan infrastruktur untuk lintasan kereta api dari Kota Medan ke Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Hal itu, diungkapkan oleh Direktur Utama Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo kepada wartawan di Medan, Rabu 9 Januari 2019. Ia mengatakan, pembangunan infrastruktur untuk kereta api akan dilakukan secara bertahap pada tahun ini.

"Kereta api akan dikerjakan tahun ini, jadinya up grade dari Medan ke Pematang Siantar, sudah tersedia anggaran di Kemenhub," ucap Arie. 

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

Arie mengungkapkan, tidak saja dilakukan up grade, namun PT KAI akan juga melakukan peningkatan pelayanan untuk masyarakat yang akan berkunjung ke Danau Toba menggunakan moda transportasi kereta api ini.

"Mudah-mudah kemenhub dan PT KAI akan me-launching kereta api baru," tutur Arie.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Setelah melakukan up grade, kereta api dari Medan ke Kota Pematang Siantar. Arie menjelaskan, Kemenhub tengah membahas out line bisnis kereta dari Kota Pematang Siantar ke Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

"Akan menggunakan biaya yang besar dari pemerintah dan badan usaha. Mudah-mudah, segera dilakukan," ungkap Arie.

Ia mengharapkan, pembangunan infrastruktur Kereta Api Medan ke Parapat di Kawasan Danau Toba, dapat direalisasi dan selesai pada tahun ini dan tidak terpengaruh dengan kondisi tahun politik.

"Sembari di up grade, sembari juga dikerjakan. Ini juga ditawarkan oleh investor, untuk pembangunan rel dan operasionalnya," sebut Arie. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya