Ridwan Kamil Prediksi Pelabuhan Patimban Termasuk Tercanggih Dunia

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Pemerintah sedang melakukan proses pembangunan Pelabuhan Patimban yang berada di wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat. Dapat dipastikan pelabuhan ini nantinya bakal sangat bagus dan canggih. 

Cara Kemenhub Tingkatkan Kualitas SDM Inaportnet di Pelabuhan

"Kalau sudah jadi, saya bayangkan ini jadi salah satu yang tercanggih di dunia. Jadi kebanggaan Subang dan masyarakat Indonesia," ujar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat meninjau langsung pelabuhan itu bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di Jawa Barat, Rabu, 9 Januari 2019.

Menurut dia, proyek pembangunan pelabuhan ini dilakukan karena kapasitas Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta sudah tidak memenuhi kapasitas yang lebih besar dari saat ini.

TUKS Bukit Asam di Pelabuhan Tarahan Resmi Terapkan Inaportnet

"Kenapa Patimban penting karena Tanjung Priok enggak cukup. Kalau sudah beres kapasitas Patimban setara Tanjung Priok," ujarnya. 

Ditambah lagi, berdasarkan data dari Asosiasi Logistik Indonesia bahwa biaya pengiriman barang melalui kontainer dari daerah Cikarang ke Tanjung Priok lebih mahal dibandingkan mengangkut barang dari Tanjung Priok ke Shanghai atau Singapura. 

13 Kapal Nelayan di Pelabuhan Kota Tegal Terbakar

"Ini menandakan sangat tidak efisien kan. Nah, oleh karena itu Patimban adalah solusi," ujar dia.

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, adanya pembangunan ini akan berdampak pada ekonomi Jawa Barat, karena 60 persen industri se-Indonesia berkumpul di Jawa Barat dengan jarak yang tak jauh dari Jakarta. (art)

Presiden Joko Widodo lepas ekspor mobil Toyota.

Jokowi Pantau Ekspor Mobil di Pelabuhan Patimban Hari Ini

Pelabuhan Patimban mulai melakukan ekspor kendaraan pada 17 Desember 2021. Presiden Jokowi memastikan kegiatan itu berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022