Alasan Utama Pemerintah Tak Naikkan Tarif Listrik pada 2019

Petugas PLN memeriksa meteran listrik.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah menetapkan tarif listrik tidak akan naik sampai akhir 2019. Tujuannya, untuk menjaga daya beli masyarakat dan menarik investasi yang lebih besar ke Indonesia. 

Jangan Sampai Terjerat Pinjol, Ini Tips Kelola Keuangan Lebih Cerdas

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Andy Noorsaman Sommeng mengatakan, investor akan tertarik menanamkan modalnya di Indonesia kalau listrik di Indonesia murah. 

"Supaya, ada penarik untuk investor datang ke Indonesia, menamamkan investasinya bangun pabrik dalam negeri, karena tarif listriknya murah listriknya terjangkau," kata Sommeng di kantornya, Jakarta, Kamis 10 Januari 2019. 

Gibran Bereskan Pekerjaan Wali Kota usai Putusan MK, Siapkan Investasi Kecerdasan Buatan

Menurut dia, jika tarif listrik di Indonesia mahal diperkirakan investor yang akan menanamkan modalnya di Indonesia akan lari ke negara tetangga, misalnya Vietnam. Dengan demikian, ekonomi Indonesia dinilai akan kalah dengan negara tetangga. 

"Kalau enggak maka kalah dengan vietnam, Produksi-produksi dalam negeri akan semakin kompetitif dengan negara-negara lain," katanya. 

Bos Indodax Ungkap Langkah Krusial agar Cuan Kelola Aset Kripto

Dengan demikian, lanjut mantan Kepala BPH Migas itu, ekspor Indonesia pun akan semakin meningkat dan devisa akan bertambah. Menurut dia, tarif listrik Indonesia murah lantaran suplai listrik Indonesia semakin meningkat. 

"Kenapa dulu mahal-mahal, karena dulu memang antara supplay dan demand. Kapasitas listrik terbatas, apa-apa serba mahal. Listrik itu jadi bagian komoditas vital bagi bangsa ini, di manapun," tambahnya. (asp)

Korban penipuan investasi geruduk rumah orang tua pelaku di Tasikmalaya

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Puluhan Korban Investasi Bodong Menggerebek Rumah Orang Tua Pelaku.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024