Logo BBC

Mengapa Lion Air, Wings Air dan Citilink Berlakukan Tarif Bagasi?

Lion Air, Wings Air, dan Citilink akan berlakukan tarif bagasi - Muhammad Iqbal/ Antara Foto
Lion Air, Wings Air, dan Citilink akan berlakukan tarif bagasi - Muhammad Iqbal/ Antara Foto
Sumber :
  • bbc

Kebijakan baru maskapai bertarif rendah, yakni Lion Air, Wings Air, dan Citilink, untuk mengenakan tarif pada bagasi penumpang dikritik. Selama ini bagasi dinyatakan gratis, meski dalam batas tertentu.

Nori Utari yang bekerja di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, terbang ke Jakarta tiga kali dalam satu tahun untuk berkumpul bersama keluarganya.

Mengetahui bahwa salah satu maskapai andalannya itu akan mengenakan tarif bagasi, Nori harus mengurangi frekuensi kepulangannya ke Jakarta. "Aku sedih, harus nabung lebih banyak buat tiket dan bagasi," tambahnya.

Fordhanto yang sering bekerja ke luar kota, dan memanfaatkan jasa salah satu dari maskapai penerbangan itu menyesalkan rencana tarif bagasi.

"Setiap trip saya selalu membawa alat-alat yang menunjang pekerjaan lebih dari 20 kilogram," kata Fordhanto. Dia akan membayar bagasi yang sebelumnya gratis, dan kelebihan bagasi sekaligus.

Berbeda dengan Nori dan Fordhanto, Eduardo, seorang warganet justru menyambut baik aturan ini. "Kita bisa belajar jadi orang yang lebih efisien dengan bawa barang seperlunya," kata Eduardo.

Dirinya juga menyisipkan pesan `semoga layanan makin bagus dan tidak delay `.