Menhub Sebut Harga Tiket Pesawat Sama Seperti 2018 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) berbincang dengan petugas inspektorat Kemenhub yang sedang memeriksa ruang kemudi pilot saat melakukan sidak kelaikan terbang pesawat Lion Air jenis Boing 737 Max 8 yang akan terbang dibandara Soekarno Hatta,
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengapresiasi langkah Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Air Carriers Association/INACA, yang sepakat menurunkan harga tiket pesawat.

Bos InJourney Airports 'Curhat' Kendala di Industri Aviasi

Kebijakan penurunan harga tiket pesawat ini, menurutnya, efektif berlaku pada hari ini, Senin 14 Januari 2019. 

Namun, diakui Budi, memang ada beberapa rute dan maskapai yang masih belum menurunkan harganya, karena sistem administrasi. 

Terpopuler: Ustaz Khalid Basalamah Beri Peringatan ke Pelawak sampai Tiket Pesawat Murah

"Efektif hari ini. Tapi sebenarnya, mereka kan ada administrasi," kata Budi di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin.

Menurut dia, keputusan penurunan harga tiket pesawat ini melalui diskusi yang panjang dengan pihak maskapai. Untuk level harga tiket saat ini, Budi mengatakan, kurang lebih akan sama dengan tahun lalu. 

Kemnaker Apresiasi Kerja Sama Industri Penerbangan Indonesia-Tiongkok

"INACA memutuskan, untuk memberikan suatu toleransi dengan harga yang relatif murah, sama seperti tahun lalu," ujarnya. 

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu mengatakan, industri maskapai saat ini memang dalam kondisi yang tidak mudah. Bahkan, ia menyebut, banyak perusahaan maskapai penerbangan yang mengalami kebangkrutan. 

"Memang karakter dari industri airline ini fragile, yaitu capital intensive, orangnya juga banyak, tetapi cost US dolar. Kita tahu dalam negeri ini tarifnya rupiah. Oleh karenanya, saya mengapresiasi INACA yang dewasa memberikan satu cara, agar masyarakat tidak resah," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya