DPR Minta Kementan Fokus Kuatkan Sektor Perkebunan dan Peternakan

Ketua Komisi IV DPR RI Eddy Prabowo (tengah)
Sumber :
  • VIVA/Rifki Arsilan

VIVA – Ketua Komisi IV DPR RI, Eddy Prabowo mengapresiasi capaian pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian yang berhasil memperkuat sektor pangan selama empat tahun terakhir ini.

Jokowi Resmikan Irigasi Gumbasa Sigi dengan Biaya Rp1,25 Triliun

Politisi Partai Gerindra itu juga mengingatkan, agar Kementerian Pertanian tidak terlena dengan keberhasilan di sektor pangan empat tahun terakhir ini. Menurut Eddy, tugas berat pemerintah ke depan adalah bagaimana mempertahankan keberhasilan capaiannya itu pada tahun-tahun mendatang.

"Kami mengingatkan kepada Kementerian Pertanian, agar apa yang sudah dicapai dapat dipertahankan, terutama pangan. Padi, jagung, kedelai ini tidak mudah untuk mencapainya, tapi juga perlu dipertahankan," kata Eddy, usai menghadiri acara Rakernas Pembangunan Pertanian 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin 14 Januari 2019.

Lewat BRInita, Kampung Hijau Kemuning Tangerang Sulap Lahan Sempit Jadi Makin Produktif

Ia pun berharap, Kementerian Pertanian tidak hanya fokus pada sektor pangan saja. Menurutnya, memperkuat sektor industri lain, yaitu sektor perkebunan dan sektor peternakan yang juga tidak kalah penting untuk meningkatkan industri pertanian dalam jangka panjang.

"Perkebunan, peternakan di sektor sapi perah misalnya, ini karena mungkin (masalah) anggaran yang sangat terbatas prioritas mungkin di pangan saja," ujarnya.

Minta Setop Impor Jagung, Mentan Desak Bulog hingga Pengusaha Serap Produksi Petani

Dengan demikian, ia pun berharap, pada tahun mendatang pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan juga dapat memberikan anggaran lebih banyak pada Kementerian Pertanian, agar dapat fokus juga di dua industri tersebut.

"Ke depannya, kita harus mulai berani memaksakan di sektor susu ini. Kita mengimpor susu cukup besar, mengimpor bahan-bahan perkebunan semakin kesini semakin kita impor," katanya.

"Pada dasarnya DPR mendukung, kami lintas fraksi di DPR dalam hal konteks pembangunan negara, kita tidak bisa berbeda dalam hal apapun. Selama bicara Merah Putih, kita harus dorong bersama-sama," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya