Pertamina Bentuk Anak Usaha Baru Kelola Blok Rokan

Pekerja blok migas.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – PT Pertamina telah membentuk anak usaha baru untuk mengelola Blok Rokan. Anak usaha itu bernama PT Pertamina Hulu Rokan, yang langsung berada di bawah Direktorat Hulu Pertamina. 

Pertamina Patra Niaga Beberkan Upaya Pemerataan Energi Indonesia di Hannover Messe 2024

Direktur Hulu Pertamina, Dharmawan Samsu mengatakan, anak usaha ini secara resmi terbentuk pada 20 Desember 2018. Ia menegaskan, Pertamina Hulu Rokan tidak berada di bawah anak usaha Pertamina yang lain seperti PT Pertamina Hulu Energi atau pun PT Pertamina Hulu Indonesia. 

"Pertamina Hulu Rokan di bawah saya langsung di Direktorat Hulu Pertamina," kata Dharmawan di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Kamis 17 Januari 2019.

Pakar Sebut Fakta Mengejutkan soal BBM Pertalite

Ia menjelaskan, Pertamina juga telah melakukan pembayaran bonus tanda tangan pengelolaan Blok Rokan kepada pemerintah. Sehingga, Pertamina kini tinggal menunggu tanda tangan kontrak bagi hasil atau Production Sharing Contract (PSC) yang ditargetkan dapat dilangsungkan bulan ini. 

"Target kita PSC signing-nya bulan ini," kata dia. 

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU

Dharmawan menambahkan, proses transisi Blok Rokan telah dimulai tahun ini. Pihaknya dan Chevron telah menyepakati beberapa komitmen, seperti pembangunan pipa baru hingga pengeboran yang dimulai tahun ini oleh Pertamina. 

"Ini Simultaneous Operation, agar proyek ini tidak mengganggu pekerjaan yang lainnya," kata dia. 

Untuk diketahui, PT Pertamina akan resmi menjadi pengelola penuh Blok Rokan pada 2021 sampai 2041 mendatang. Sebelumnya, PT Chevron Pacific Indonesia adalah pengelola blok tersebut selama puluhan tahun. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya