Darmin ke Pegawai Kemenko Perekonomian: Kita Bukan 'Kuda Nil'

Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian Darmin Nasution.
Sumber :
  • Arrijal Rachman/VIVA.co.id.

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution berpesan kepada pegawainya tentang pentingnya kerja sama dan koordinasi. Meskipun memiliki tanggung jawab yang berbeda, kesombongan sektoral di lingkup kementeriannya harus dihilangkan.

Bangun Ibu Kota Baru, Basuki Hadimuljono Mengaku Butuh Wakil Menteri

Hal itu disampaikan Darmin saat acara Penandatanganan Perjanjian Kinerja, Sasaran Kerja Pegawai dan Piagam Manajemen Risiko Tahun 2019.

"Di masyarakat ada pameo kesombongan sektoral. Ada kesombongan pada wilayah kerjanya. Kalau kuda nil memang menjaga wilayah, itu kerjanya, apa saja yang lewat (di wilayah) itu dikejar-kejar. Tapi kan kita bukan kuda nil, perlu kerja sama," tutur Darmin di hadapan pegawai di kantornya, Jakarta, Selasa 22 Januari 2019. 

Ditawari Jadi Menteri, Fachrul Razi Bicara Keamanan dengan Jokowi

Menurut Darmin, meskipun tugas sudah dibagi secara jelas dalam perjanjian kerja dan sasaran kerja pegawai. Namun, bukan berarti tidak perlu koordinasi dengan kedeputian yang lainnya. 

"Hakikatnya pekerjaan itu tidak bisa dibagi habis di situ saja, dia ada overlapping satu sama lain itu perlu kerja sama," katanya. 

Penunjukan Kembali Sri Mulyani Beri Sinyal Positif Bagi Pasar

Selain itu, Darmin menekankan, kinerja yang baik juga harus diiringi dengan mitigasi risiko yang berpengaruh pada pencapaian target. Untuk itulah, kata dia, pentingnya penandatanganan Piagam Manajemen Risiko yang dilakukan, agar bisa mengidentifikasi risiko yang muncul. 

"Sehingga dapat dilakukan mitigasi sejak dini. Tentu saja, kinerja itu capaiannya pasti diperlukan kerja yang sungguh-sungguh sebetulnya, tidak perlu juga kerja keras berlebihan tapi, konsisten, telaten," ujar mantan gubernur Bank Indonesia itu. (art)

Eks Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution

Erick Thohir Tunjuk Darmin Nasution Jadi Komut Pupuk Indonesia

Darmin menggantikan Bungaran Saragih.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2020