Logo BBC

Dilema Harga BBM di Zimbabwe, Termahal di Dunia dan Langka

Warga Zimbabwe mengantre untuk membeli gas dan BBM, tetapi belum tentu dapat. - Reuters
Warga Zimbabwe mengantre untuk membeli gas dan BBM, tetapi belum tentu dapat. - Reuters
Sumber :
  • bbc

Antrean panjang di berbagai stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di ibu kota Zimbabwe, Harare, masih terjadi menyusul keputusan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) lebih dari dua kali lipat awal bulan ini.

Mereka terpaksa mengantre berjam-jam, bahkan ada yang harus bermalam, untuk membeli BBM, namun persediaan belum tentu ada.

Itulah pandangan mata yang disaksikan oleh Kepala Kanselerai KBRI dan Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI di Harare, Hutomo Bayu Listyaghi.

"Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk mengantre tiga sampai empat jam. Pada waktu puncaknya kemarin di beberapa titik, antreannya bisa mencapai 10 kilometer. Tapi kebanyakan perlu tiga sampai empat jam untuk mengantre," paparnya kepada wartawan BBC News Indonesia, Rohmatin Bonasir, Selasa (22/02).

Meskipun telah mengantre selama berjama-jam, warga belum tentu bisa mendapatkan bahan bakar minyak.

"Beberapa mobil sampai ada yang menginap satu hari, dua hari untuk menunggu truk bensin atau diesel datang ke pom bensin. Kalau sudah datang, antrean bisa jalan, tapi kalau stok sudah habis lagi maka mereka akan menginap," tambah Hutomo Bayu Listyaghi.

Harga BBM termahal di dunia