Logo BBC

Skandal Pajak Cristiano Ronaldo dan Pesepakbola Top Dunia Lainnya

Ronaldo melemparkan senyum dan mengacungkan jempolnya kepada awak media yang menantikan kehadirannya di persidangan. - fotopress/GC Images
Ronaldo melemparkan senyum dan mengacungkan jempolnya kepada awak media yang menantikan kehadirannya di persidangan. - fotopress/GC Images
Sumber :
  • bbc

Pesepakbola dunia Cristiano Ronaldo mencapai kesepakatan di pengadilan Madrid terkait dakwaan penggelapan pajak yang diduga dilakukannya. Ia bersedia membayar denda senilai €18.8 juta atau hampir Rp305 miliar.

Ronaldo disambut serbuan wartawan di luar gedung pengadilan, setelah hakim menolak permohonannya untuk hadir melalui sambungan video atau memasuki gedung dengan mobil untuk menghindari sorotan awak media.

Kesepakatan yang disetujui di awal termasuk hukuman 23 bulan penjara.

Meski demikian, di Spanyol, terpidana biasanya tidak akan dipenjara jika mendapat hukuman kurungan di bawah dua tahun.

Jenis tindak pidana Ronaldo yang bersifat bukan kekerasan, membuatnya kemungkinan besar tak akan mendekam di balik sel tahanan dan hanya menjalani masa percobaan.

Ronaldo hanya hadir sebentar di persidangan untuk menerima kesepakatan yang diajukan jaksa penuntut.

Pemain Juventus yang malam sebelumnya bertanding di Italia itu tiba di persidangan sambil melemparkan senyuman dan mengacungkan jempol. Ia tidak begitu mengacuhkan kehadiran para wartawan.