Bank Mandiri Siapkan Modal Usaha Rp200 Miliar untuk Mitra Bukalapak

Kerja sama Bank Mandiri dengan Bukalapak.
Sumber :
  • M Yudha Prastya.

VIVA – Dalam upaya penyaluran kredit modal kerja kepada ribuan mitra pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM, PT Bank Mandiri Tbk menggandeng Bukalapak.com. Pembiayaan itu bisa digunakan untuk membiayai ekspansi usaha dari para mitranya. 

Berikut 5 Barang Produktif yang Bisa Anda Beli Menggunakan Paylater

Direktur Retail Banking Bank Mandiri, Donsuwan Simatupang, memastikan, skema kerja sama ini sangat strategis karena dapat membantu bank menjaga kualitas pembiayaan yang disalurkan. Selain itu, meningkatkan nilai tambah yang bisa diberikan Bukalapak kepada pelaku UMKM yang menjadi mitranya.

“Skema kerja sama ini juga dapat mempercepat proses persetujuan kredit, sehingga mitra Bukalapak dapat memanfaatkan momentum yang ada dalam mengembangkan usaha,” kata Donsuwan di kantornya, di Jakarta, Senin 28 Januari 2019.

Cara Hemat Belanja Otomotif saat Harbolnas 11.11

Donsuwan memastikan, Bank Mandiri akan dapat menjangkau rentang nasabah UMKM yang lebih luas melalui platform daring. Upaya itu diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan para pelaku UMKM online terhadap akses pemodalan perbankan.

Melalui kerja sama dengan Bukalapak ini, Bank Mandiri akan memperkuat penetrasi pembiayaan ke kelompok-kelompok usaha yang berbasis online. Pertumbuhan transaksi perdagangan secara online pun saat ini sangat pesat.

Panji Gumilang-Al Zaytun Bakal Dipidana, Ganjar Telepon Heru Budi saat Blusukan

"Karena sampai Desember 2018 kemarin, Bank Mandiri tercatat telah menyalurkan pembiayaan modal kerja sebesar Rp78,23 triliun kepada pelaku UMKM di Tanah Air," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Co-Founder and President Bukalapak M Fajrin Rasyid berharap, kerja sama dengan Bank Mandiri ini akan meningkatkan upaya pihaknya untuk membuat para pelaku UMKM naik kelas. Khususnya, melalui tambahan modal untuk pengembangan bisnis.

“Agar, skala usaha mitra UMKM baik dari sisi frekuensi maupun volume transaksi bisa terus meningkat," ujarnya.

Dalam kerja sama ini, Bukalapak akan mereferensikan mitra UMKM potensial untuk mengikuti proses seleksi pembiayaan. Hal itu dilakukan berdasarkan kriteria nasabah debitur yang dimiliki Bank Mandiri.

Berdasarkan proses seleksi tersebut, Bank Mandiri nantinya akan menentukan besaran plafon kredit yang disetujui. Di mana plafon maksimal yang bisa diakses untuk setiap mitra UMKM adalah Rp200 juta. Untuk tahap awal kerja sama ini, Bank Mandiri akan menyediakan total pembiayaan sebesar Rp200 miliar. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya