Semen Indonesia Resmi Ambil Alih PT Holcim Indonesia 

Pabrik Semen Holcim
Sumber :
  • holcim.es

VIVA – PT Semen Indonesia Tbk mengumumkan pada 31 Januari 2019, telah dilaksanakan closing pengambilalihan saham Holderfin B.V. yang ditempatkan dan disetor di PT Holcim Indonesia Tbk.

Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0

Pengambilalihan tersebut dilakukan oleh anak usaha Perseroan, yakni PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB). Sehingga, hal ini menyebabkan perubahan pengendalian terhadap PT Holcim Indonesia Tbk.

Dalam surat pengumuman tersebut, tercatat bahwa total jumlah saham yang dibeli adalah 6.179.612.820 lembar saham, dengan harga per saham sebesar Rp2.097.

Erick Thohir Angkat Dirkeu Jasa Marga Jadi Dirut Semen Indonesia

Sehingga, total harga pembelian seluruh saham tersebut mencapai angka Rp12.958.648.083.540, untuk total kepemilikan saham sebesar 80,64 persen dengan catatan tanggal pengambilalihan pada 31 Januari 2019.

Perseroan menjelaskan bahwa tujuan pengambilalihan saham-saham Holderfin B.V. oleh SIIB ini, antara lain adalah untuk memperluas jaringan pabrik semen di dalam negeri, memperluas diversifikasi jenis produk yang ditawarkan, dan meningkatkan efisiensi khususnya biaya distribusi dan bahan baku.

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN

Selain itu, aksi korporasi ini juga bertujuan untuk memperkuat posisi bisnis ready mix dengan berbagai variasi produk dan solusi, serta memperkuat sinergi di berbagai bidang untuk meningkatkan efisiensi.

Sebagai catatan tambahan, Perseroan dan/atau SIIB tidak memiliki hubungan afiliasi apapun dengan Holcim Indonesia, maupun Holderfin B.V.

Pabrik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)

Semen Indonesia Group Ubah Limbah Pertanian Jadi Bahan Bakar

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk melalui anak usahanya yakni PT Semen Tonasa, berhasil mengembangkan inisiatif manajemen energi dengan memanfaatkan biomassa dari limbah.

img_title
VIVA.co.id
24 Juli 2023