Ini Untungnya Beli Rumah di Pameran

Ilustrasi properti.
Sumber :
  • Forbes

VIVA – Saat ini, tingkat kerumitan membeli rumah tidak seperti 15-20 tahun yang lalu. Selain memanfaatkan media online, pembeli bisa menghadiri pameran properti untuk membeli rumah yang diinginkan.

Pameran Indonesia Properti Expo 2022 Siap Digelar, Catat Tanggalnya

Menariknya, pameran properti tidak dipungut biaya apapun, sehingga Anda bisa datang ke kapan pun saat ada pameran. Tentu saja, datang ke pameran properti itu banyak untungnya.

Lalu, keuntungan apa saja yang bisa didapat dari pameran ini? Bila Anda datang ke pameran properti, inilah keuntungannya seperti dikutip dari Cermati.com.

Melantai di Bursa New York, PropertyGuru Raup Dana Segar US$254 Juta

1. Bisa melihat kondisi rumah secara langsung

Developer yang mengisi pameran properti sudah menyiapkan miniatur rumah yang menggambarkan kondisi rumah secara real. Melalui miniatur, pembeli sudah dapat membayangkan bentuk dan tata letak interior rumah tanpa harus mengunjungi lokasi di mana properti berada. 

Menerawang Efektivitas Perpanjangan Insentif PPN DTP Sektor Perumahan

Jumlah miniatur yang ditawarkan oleh developer sangat beragam. Anda tinggal memilih miniatur mana yang jadi gambaran untuk membeli hunian. Jika salah satu miniatur sudah laku, developer akan langsung mengabarinya agar Anda tidak memilih miniatur yang sama dengan pembeli lain.

2. Banyak bonus dan promo menarik

Untuk memanjakan pengunjung, developer menawarkan berbagai bonus dan promo menarik yang tidak disediakan pada saat pameran berlangsung. Misalnya beli rumah tanpa membayar down payment atau uang muka rendah, diskon cicilan pertama, hingga beragam hadiah elektronik menarik.

Pemberian bonus dan promo tentu akan meringankan pengeluaran Anda sebagai pembeli. Bonus dan promo menarik seperti ini tentu tidak akan Anda dapatkan apabila membeli rumah dari situs online atau dari tangan ke tangan.

Jika kota tempat tinggal Anda mengadakan pameran properti, sebaiknya hadiri saja. Siapa tahu ada hunian yang menarik dan pas di hati.

3. Rumah yang dipamerkan bervariasi

Tentu saja, yang menghadiri pameran properti tidak hanya satu atau dua developer saja, melainkan ada banyak. Maka tak heran jika area yang digunakan untuk mengadakan pameran sangat luas.

Sebagai pengunjung, Anda juga leluasa untuk melihat berbagai jenis rumah yang menawarkan konsep dan fasilitas berbeda. Jika rumah yang disediakan developer tidak sesuai, Anda bisa menghadiri pameran properti lain yang akan diselenggarakan di bulan-bulan berikutnya.

Tapi yang pasti, cari informasi mengenai pameran berikutnya dan catat tanggal pelaksanaan pameran agar Anda tidak ketinggalan berbagai penawaran menarik dari developer.

4. Dapat menghemat waktu dan tenaga

Berburu properti di website jual-beli properti atau di situs resmi developer memakan banyak waktu dan tenaga. Anda perlu mendatangi lokasi properti satu per satu untuk memastikan kondisi properti yang sebenarnya. 

Kondisi sebaliknya jika Anda membeli rumah di pameran properti. Anda tidak perlu mendatangi lokasi properti, karena ada miniatur yang bisa digunakan sebagai bahan perbandingan.

Jika miniatur yang ditawarkan oleh satu developer kurang menarik, Anda bisa mendatangi miniatur developer lain. Jadi, dalam sekali kunjungan, Anda bisa membandingkan banyak hunian yang sesuai keinginan.

5. Mudah mencari yang sesuai dengan bujet

Selain rumah, developer menyediakan berbagai tipe apartemen, kondonium, villa, ruko, dan jenis properti lain sebagai pilihan. Setiap tipe properti memiliki harga yang berbeda-beda. 

Namun, Anda bisa menyesuaikan tipe properti dengan bujet yang dimiliki saat ini. Harga properti yang ada di pameran sangat bersahabat.

Ada yang dbanderol seharga Rp150 juta, ada pula yang lebih mahal. Jika bujet cukup, Anda bisa berinvestasi pada kondonium. Jika bujet pas-pasan, Anda bisa membeli rumah petak dengan harga terjangkau. (row)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya