Menteri Basuki: Enggak Mungkin Robot Gantikan Manusia

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • M Yudha Prastya/VIVA.co.id

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menegaskan, pihaknya akan terus berupaya menjaring ide-ide cemerlang dari generasi muda di lingkungan kementeriannya. Sebab, inovasi tersebutlah yang tak bisa tergantikan oleh robot di masa depan.

Rektor IPDN Mendorong Kesiapan Hadapi Revolusi Industri

Ide dan inovasi itu dinilai Basuki juga akan berpengaruh ke sejumlah sektor pembangunan. Sehingga akhirnya bisa meningkatkan level easy of doing business atau EODB Indonesia di mata dunia.

"Misalnya untuk perizinan, yang selama ini selalu akan disederhanakan dalam rangka meningkatkan EODB di Indonesia," kata Basuki di kantornya, saat membuka PUPR 4.0 Expo, Senin 11 Februari 2019.

'Smart Mining' di Industri Pertambangan

Karenanya, melalui gelaran yang dimulai 11 Februari-15 Maret 2019, sejumlah inovasi pembangunan infrastruktur yang sejalan dengan revolusi industri 4.0 akan dijadikan sebagai ajang evaluasi internal bagi Kementerian PUPR.

Dimana, teknologi informasi dan komunikasi nantinya akan bisa dimanfaatkan sepenuhnya oleh Kementerian PUPR. Guna mencapai efisiensi yang tinggi dan kualitas produk yang lebih baik.

Dunia Terus Berubah, Inovasi Tak Bisa Ditawar-tawar

"Kami ingin mengevaluasi seberapa canggihnya PUPR ini memanfaatkan fasilitas IT yang sudah berkembang pesat," ujarnya.

Basuki berharap, dengan PUPR 4.0 Expo ini para anak muda di lingkungan Kementerian PUPR bisa melihat berbagai inovasi di sektor infrastruktur. Kemudian bisa melihat apa yang bisa diperbuat guna menyelaraskan kinerjanya dengan era industri 4.0.

Sehingga, nantinya Kementerian PUPR tidak hanya berurusan dengan tender atau pelaksanaan fisik saja, melainkan masuk ke bidang intelektual exercise industri 4.0. Melalui pelatihan dan berbagai diskusi untuk tahu apa yang harus dilakukan dalam hal inovasi teknologi.

"Yang namanya 4.0, saya sendiri enggak menguasai. Tapi ini pasti berhubungan dengan beyond internet. Tapi bukan berarti 4.0 ini meniadakan SDM namun justru membutuhkan SDM yang lebih handal," kata Basuki.

"Enggak mungkin robot akan menggantikan manusia. Enggak mungkin karena industri 4.0 terus Kementerian PUPR enggak menerima pegawai. Kan enggak mungkin juga yang jadi menterinya robot," ujarnya.

Lihat wawancara eksklusif VIVA.co.id dengan Menteri Basuki di Tol Trans Jawa dengan mobil Tesla pada video di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya