INACA: Harga Avtur Tak Langsung Akibatkan Harga Tiket Pesawat Mahal

Ketua Umum Indonesia National Air Carrier Association (INACA) sekaligus Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara (kedua kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Indonesia Air Carriers Association atau INACA mengklarifikasi soal isu mahalnya harga tiket pesawat dan kaitannya dengan harga avtur. Isu tersebut dipastikan tidak untuk menyudutkan pihak tertentu. 

Pemudik Diperkirakan Naik 56 Persen, Pertamina Patra Niaga Siap Dukung Pergerakan Masyarakat

Ketua Umum INACA, I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra atau Ari Askhara mengatakan, keterangan ini sepenuhnya bertujuan untuk memberikan edukasi dan penjelasan kepada masyarakat atas kondisi industri penerbangan saat ini. 

Keterangan tersebut dilansir INACA, 1 Februari 2019 lalu. Saat ini, soal mahalnya harga tiket pesawat dan avtur kembali menjadi sorotan setelah Presiden Joko Widodo  mengungkapkannya, saat memberikan sambutan dalam acara gala dinner HUT ke 50 Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Senin, 11 Februari 2019.

Jelang Arus Mudik Lebaran 2024, Dirut Pertamina Cek Kesiapan Layanan Avtur di Kualanamu

"Mewakili seluruh anggota INACA, kami mohon maaf bila ada statement dari INACA, atau anggota INACA lainnya yang menyampaikan tentang peningkatan harga tiket, dan dikaitkan dengan harga avtur sehingga hal tersebut menjadi polemik," kata Ari dikutip dalam keterangan resminya secara tertulis yang dikutip VIVA, Rabu, 13 Februari 2019.

Ia memastikan,  harga avtur tidak secara langsung mengakibatkan harga tiket pesawat menjadi lebih mahal. Menurut dia, beban biaya operasional penerbangan lainnya seperti leasing pesawat, maintenance dan lain-lain menjadi lebih tinggi di tengah meningkatnya nilai tukar dolar Amerika Serikat. 

F1 Powerboat 2024 Danau Toba, Pertamina Pastikan Stok BBM Aman di Sumut

"Sebagai Lembaga nirlaba yang beranggotakan 34 maskapai penerbangan di Indonesia, INACA berkomitmen akan terus menjaga hubungan baik dengan semua pihak, baik relasi bisnis maupun relasi non bisnis," katanya.  

Selain itu, menurut dia, INACA akan terus membangun hubungan yang konstruktif dengan seluruh pemangku kepentingan atau stakeholder untuk kesinambungan bisnis penerbangan serta terus melayani masyarakat.  "Kami juga mengucapkan banyak terima kasih atas semua dukungan para stakeholder kepada INACA sehingga iklim bisnis penerbangan semakin baik," ujarnya. (hd)

[dok. Humas Pertamina]

Dirut Pertamina Jamin Suplai Avtur Penuhi Kebutuhan Periode Libur Lebaran 2024

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati pun memastikan kualitas produk bahan bakar pesawat udara ini dalam kondisi baik. 

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024