Pemerintah Pusat Dukung Proyek Pembangunan MRT Fase II

Pekerja berjaga di terowongan proyek pengerjaan Mass Rapid Transit (MRT) Stasiun Senayan di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Direktur Jenderal Perimbangan Kementerian Keuangan, Astera Primanto Bhakti menyerahkan dana pembangunan Moda Raya Terpadu Fase II kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Diskon! Naik MRT Jakarta Cuma Rp 243 pada 23-24 Maret 2024

Astera mengatakan, proyek fase kedua dari MRT ini didukung oleh Pemerintah Pusat sebagai proyek strategis.

"Ini adalah penyelesaian dari pada proyek MRT yang fase kedua. Prinsipnya, kami di Pemerintah Pusat mendukung proyek ini secara menyeluruh, karena merupakan proyek strategis nasional," ucap Astera di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu 13 Febuari 2019.

Knowing Rules for Breaking the Fast Inside Public Transportation

Selain itu, Aestra menilai, pemberian hibah ini sangat penting, terlebih Pemerintah Pusat memandang MRT juga salah satu proyek strategis nasional.

"Kami di Pemerintah Pusat mendukung secara menyeluruh, karena ini proyek strategis nasional, yang akan memberikan dampak bukan hanya warga Jakarta melainkan juga seluruh rakyat Indonesia," tutur Aestra.

Di Dalam Transjakarta dan MRT Juga Dibolehkan Buka Puasa, Perhatikan Ketentuannya

Dalam pendanaan proyek MRT Jakarta, Pemprov DKI Jakarta menanggung beban pinjaman sebesar 51 persen, sedangkab Pemerintah Pusat menanggung 49 persen yang diterus-hibahkan kepada Pemprov DKI Jakarta.

Komposisi bagi Pemerintah Pusat, memang lebih kecil dengan pertimbangan beban pinjaman digunakan untuk pembangunan aset yang tidak menghasilkan, seperti terowongan jalur bawah tanah MRT. Sedangkan Pemprov DKI Jakarta, mengelola aset yang menghasilkan, seperti stasiun MRT.

Stasiun MRT Jakarta yang berada di Blok M, Jakarta.

Dirut MRT Jakarta Beberkan Alasan Revitalisasi Kawasan Blok M

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), Tuhiyat membeberkan alasan dilakukannya revitalisasi terminal dan kawasan Blok M di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2024