Pemerintah Turunkan Harga Avtur

Petugas melakukan pengisian bahan bakar avtur pada salah satu pesawat di Bandara Udara.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jojon

VIVA – PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga jual avtur.  Penyesuaian ini berlaku mulai 16 Februari 2019 mulai jam 00.00 WIB.

F1 Powerboat 2024 Danau Toba, Pertamina Pastikan Stok BBM Aman di Sumut

Harga jual avtur di domestik sebelumnya menuai polemik karena ditengarai membuat tiket pesawat menjadi mahal dan berimbas pada menurunnya tingkat hunian hotel. 

Media Communication Manager Pertamina Arya Dwi Paramita menjelaskan, harga baru avtur  ini sesuai dengan Keputusan Menteri ESDM No. 17/2019 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis Avtur yang Disalurkan Melalui Depot Pengisian Pesawat Udara.

Pertamina Sumbagut Pasok Puluhan Ribu Liter BBM untuk F1 Powerboat

"Pertamina secara rutin melakukan evaluasi dan penyesuaian harga avtur secara periodik, yaitu sebanyak dua kali dalam sebulan," ujarnya dikutip dalam keterangan resminya Sabtu dini hari, 16 Februari 2019. 

Untuk periode kali ini, Arya mengatakan, harga avtur mengalami penurunan dibandingkan periode sebelumnya. Ia mencontohkan, harga avtur (published rate) untuk bandara Soekarno Hatta Cengkareng mengalami penurunan dari sebelumnya Rp8.210 per liter menjadi Rp7.960 per liter. 

Bertemu Menteri Transportasi Singapura, Menhub Bahas Kilang Pengganti Avtur hingga Investasi TOD

"Harga ini lebih rendah sekitar 26 persen dibandingkan harga avtur (published rate) di Bandara Changi Singapura yang terpantau per tanggal 15 Februari 2019 sekitar Rp10.769 per liter," ujarnya. 

Penyesuaian dilakukan dengan mempertimbangkan rata-rata harga minyak dunia, nilai tukar rupiah dan faktor lainnya.  "Pertamina berharap penurunan harga avtur ini juga merupakan bentuk dukungan Pertamina terhadap industri penerbangan nasional, yang diharapkan juga berdampak pada industri lainnya termasuk pariwisata," ujarnya berharap. 

Arya menambahkan, bahwa harga jual avtur untuk setiap maskapai ditetapkan berdasarkan kesepakatan para pihak yakni antara Pertamina sebagai penyedia dan maskapai penerbangan sebagai konsumen.

"Pertamina terus berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat dengan menyediakan bahan bakar pesawat udara di 67 bandara yang tersebar di Indonesia." (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya