Jokowi Akan Lepas Kontainer Ekspor Mayora ke-250 Ribu

Beng-beng salah satu produk dari Mayora Groups.
Sumber :
  • Cookpad/Maulida Nur Imamah

VIVA – Mayora Group siap melepas kontainer ekspor ke-250 ribu yang digelar hari ini, Senin 18 Februari 2019. Pelepasan kontainer ke-250 ribu ini akan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dan disaksikan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita serta Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

Turut hadir pejabat pemerintah daerah serta 15.000 mitra Mayora yang terdiri atas petani kopi dari Lampung, petani singkong, petani jagung, buruh pabrik, serta karyawan Mayora yang ada di Banten dan sekitarnya.

Presiden Direktur Mayora Group, Andre Sukendra Atmadja, mengatakan, pelepasan ekspor ini membuktikan bahwa Indonesia bukan sekadar tukang jahit produk merek bangsa Iain. 

Pakaian Dalam Asal Bantul Siap Bersaing di Amerika dan Inggris

"Misi kami selain melakukan ekspor juga untuk membuktikan bahwa produk dengan merek Indonesia juga berkelas dunia sehingga dapat mengangkat harga diri dan martabat Indonesia di mata dunia," kata Andre di Pabrik Mayora, Cikupa, Tangerang, Banten.

Disebutkan, merek Mayora seperti Torabika, Kopiko, Beng Beng hingga Danisa tidak hanya berhasil diekspor ke negara lain, tetapi juga mampu menjadi pemimpin pasar di mancanegara.

Pro Kontra Eksploitasi Pasir Laut, Pengamat Maritim Bilang Begini

Menurut Andre, prestasi ini dapat dicapai berkat adanya dukungan dari pemerintah, dan pihaknya berharap prestasi yang sudah dicapai saat ini dapat memberikan inspirasi. "Pada akhirnya membuat kita semakin bangga sebagai Indonesia," katanya.

Dikatakannya, Mayora sebagai perusahaan Indonesia telah dapat bersaing di pasar global dengan kontribusi ekspor yang mencapai 50 persen terhadap bisnis Mayora Group. Angka penjualannya mencapai lebih dari Rp35 triliun.

Hal ini, kata dia, membuat Mayora menjadi perusahaan dengan ekspor produk merek Indonesia terbesar. Mayora pun dikatakan terus berkomitmen untuk meningkatkan angka ekspor atas produk jadi dengan merek Indonesia yang mempunyai nilai tambah tinggi.

Saat ini, Mayora sudah mengekspor produk dengan merek Indonesia ke lebih dari 100 negara, di antaranya ke Amerika Serikat, Rusia, Timur Tengah, RRC, Filipina, negara ASEAN lainnya bahkan sampai ke Irak, Palestina, dan Lebanon.

Dijelaskannya, Mayora hampir secara keseluruhan memberdayakan konten Indonesia termasuk bahan baku yang dipasok dari petani kopi dan singkong Indonesia serta mesin buatan anak bangsa. 

Mayora Group juga disebut melakukan pembinaan terhadap 70.000 petani kopi dan singkong agar mampu memproduksi hasil pertanian dengan kualitas yang baik. "Dan secara keseluruhan Mayora Group memberdayakan lebih dari 50.000 buruh baik di Indonesia dan di seluruh dunia," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya