Boediono Tekankan Pentingnya Blueprint Bersama Bangun Infrastruktur

Mantan Wakil Presiden Boediono
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Hafidz Mubarok

VIVA – Wakil Presiden RI ke-11, Boediono mengatakan, rencana jangka panjang yang terstruktur dan terencana dengan baik, merupakan salah satu kunci utama dalam hal pembangunan infrastruktur.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Sebab, Boediono menilai bahwa eksekusi dari rencana pembangunan infrastruktur itu harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara ekonomi maupun sosial.

"Oleh karenanya, salah satu inti dari pembangunan infrastruktur itu adalah adanya blueprint yang menjadi acuan bersama, dan tidak bisa sepotong-sepotong," kata Boediono di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa 19 Februari 2019.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Boediono menjelaskan, pentingnya koordinasi antarpara stakeholder terkait dalam mengintegrasikan perencanaan pembangunan infrastruktur tersebut, merupakan aspek yang menentukan apakah hal itu akan mampu berdampak dan membawa manfaat bagi masyarakat.

Sebab, menurutnya, manfaat dari infrastruktur baru akan terasa maksimal, jika proses pembangunannya berjalan secara sistemik, dengan tujuan yang sama yakni untuk meningkatkan produktivitas masyarakat dan negara.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

"Maka, dari proses itulah kita mengharapkan adanya sinergitas, rencana, dan pelaksanaan yang optimal," kata Boediono.

Di satu sisi, Boediono menilai bahwa hingga saat ini, upaya pemerintah dalam menyinergikan dan mengintegrasikan BUMN, pihak-pihak swasta, dan masyarakat dalam hal pengembangan infrastruktur, sudah berjalan dengan cukup baik.

Apalagi, menurutnya, pemerintah saat ini sudah cukup mengakomodir sejumlah target dan tujuan, yakni dengan mengembangkan juga sektor perhubungan, penyediaan pangan dan energi, di samping menggenjot pembangunan infrastruktur yang cukup masif dalam empat tahun terakhir.

"Karena, kalau saya lihat potensinya ini memang cukup besar untuk menyinergikan itu semua," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya