Medco Tertarik Kelola Blok Corridor 

Presiden Direktur Medco Energi Hilmi Panigoro.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – PT Medco Energi Internasional Tbk atau MEDC menyatakan tertarik mengelola blok Corridor yang akan habis kontraknya pada 2023. Untuk bisa mengelola blok itu, Medco harus bersaing dengan sejumlah perusahaan migas antara lain seperti ConocoPhilips dan Pertamina. 

5 Blok Migas Belum Laku Dilelang di 2023, ESDM Siapkan Mekanisme Penawaran Langsung

Presiden Direktur Medco Energi, Hilmi Panigoro mengatakan, pihaknya juga menghormati Peraturan Menteri ESDM. Khususnya klausul bahwa penawaran blok tersebut terlebih dahulu diusulkan kepada kontraktor eksisting dan setelahnya ke Pertamina. 

"Corridor itu kan dalam Permen, pertama ke eksisting, kedua ke Pertamina, nomor tiga baru ke yang lain. Kalau yang lain dikasih kesempatan, ya kenapa tidak toh," ujarnya di Energy Building, Jakarta, Selasa 19 Februari 2019. 

Menang Lelang, Pertamina dengan Mitra Resmi Kelola Blok SK510 di Malaysia

Meski demikian, Hilmi mengaku tak langsung mengajukan minat kepada Pemerintah. Ia masih menunggu pemerintah membuka kesempatan bagi Medco jika kontraktor eksisting dan Pertamina belum berminat. 

"Kita harus ikut aturan. Tapi kalau misalnya sampai yang ketiga terbuka ya kita ikut. Tapi selama itu diberikan pada eksisting dan Pertamina, ya udah kita enggak bisa apa-apa," ungkapnya.

13 Kontrak Blok Migas Berhasil Diteken di 2022-2023, Ini Daftarnya

Untuk diketahui, Blok Corridor ini sebelumnya dikelola oleh tiga kontraktor yaitu ConocoPhillips, Repsol dan Pertamina. ConocoPhillips adalah operator dengan hak kelola 54 persen, Pertamina 10 persen dan Repsol Energy 36 persen. 

ConocoPhilips mulai mengelola blok tersebut sejak 2002 setelah mengakuisisi Gulf Resources. Kontrak blok Corridor yang terletak di daratan Sumatera Selatan ini berakhir 19 Desember 2023.  
 

Petronas

ESDM Tetapkan Petronas Pemenang Lelang Blok Migas di Papua Barat, Ada Potensi 6,8 Miliar Barel

Kementerian ESDM resmi menetapkan Petronas Carigali (PC) North Madura II, sebagai pemenang lelang wilayah kerja (WK) Bobara yang berada di Papua Barat.

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2024