Alasan Menteri ESDM Tunjuk Rida Mulyana Jadi Dirjen Listrik

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan melantik Rida Mulyana sebagai Direktur Jenderal Ketenagalistrikan yang baru. Ia menggantikan Andy Noorsaman Sommeng, yang telah memasuki masa purna tugas.

ESDM Luncurkan Aplikasi Si Ujang Gatrik, Ini Fungsinya

Rida sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE). Posisi barunya sebagai Direktur Jenderal Ketenagalistrikan diharapkan bisa mempercepat pengembangan energi baru dan terbarukan atau EBT di sektor kelistrikan.

"Kenapa saya usulkan Rida Mulyana, karena pemerintah punya keyakinan mendorong EBT di kelistrikan," kata Jonan di kantornya, Jakarta, Rabu 20 Februari 2019.

ESDM Tetapkan Harga Minyak Mentah Indonesia US$95,72 per Barel

Ia mengatakan, pemerintah ke depannya akan sangat mendorong EBT di sektor ketenagalistrikan. Apalagi, pengalaman Rida Mulyana yang sudah hampir lima tahun memimpin sektor EBT di Indonesia.

"Hampir lima tahun sudah jadi Dirjen EBT. Sekarang di kelistrikan tolong dikembangkan, agar kelistrikan gunakan EBT," pesan Jonan.

Harga Komoditas Dunia Meroket, Kargo Batu Bara Terdongkrak Naik

Apalagi, lanjut Jonan, nantinya pemerintah akan gencar mengoperasikan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) yang menggunakan 100 persen Crude Palm Oil (minyak sawit mentah). Hal ini sudah dilakukan di Italia.

"Saya mau lihat, diesel pakai 100 persen CPO bisa operasi. Kenapa indonesia enggak banyak, Italia banyak," ucapnya.

Pabrik Pupuk Iskandar Muda.

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

Pupuk Indonesia mengaprisiasi Kementerian ESDM yang memasok gas agar pabrik Pupuk Iskandar Muda yang sudah 10 tahun lebih mati, hidup kembali.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022