Prabowo Sebut Ribuan Triliun Uang WNI di Luar Negeri, Ini Kata Darmin

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto menyebut masih ada lebih dari Rp11 ribu triliun uang warga negara Indonesia di luar negeri. Hal itu diungkapkan Prabowo, dalam berbagai kesempatan. 

Waketum Nasdem Ahmad Ali Temui Prabowo Minta Dukungan Maju Pilgub Sulteng

Prabowo pun sering membandingkan bahwa jumlah uang WNI di luar negeri itu dua kali lipat kekayaan Indonesia, yang dibandingkannya dengan jumlah uang di seluruh bank Indonesia yang hanya mencapai Rp5.400 triliun. 

Lantas, bagaimana tanggapan pemerintah? 

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, jumlah total dana WNI yang ada di luar negeri sulit untuk dihitung secara pasti. 

"Itu hal yang susah untuk dibicarakan benarnya berapa," kata Darmin, ditemui di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis 28 Februari 2019. 

Prabowo Makin 'Gemoy' Kuasai Parlemen Jika PKB dan Nasdem Gabung Koalisi

Namun, Darmin mengatakan, kebijakan pemerintah terkait pengampunan pajak atau tax amnesty beberapa waktu lalu, tentu sudah banyak membawa dana WNI dari luar ke dalam negeri.

Darmin sendiri, tak tahu secara rinci berapa sisa dana WNI yang ada di luar negeri. 

"Salah satu tahap, langkah kita itu dengan amnesti pajak waktu itu dan cukup banyak (bawa dana WNI ke dalam negeri). Sekarang (kalau) masih tersisa ya enggak tahu," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya