Rayakan Ultah ke-21, BUMN Buka 11 Ribu Lowongan Kerja 

Gedung Kementerian BUMN.
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro

VIVA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara bakal merayakan hari ulang tahunnya yang ke-21 pada 13 April 2019. Dalam acara itu, kementerian akan bersinergi dengan BUMN yang berada di bawah kendalinya menyelenggarakan sejumlah kegiatan sosial, dari membuka lowongan kerja hingga paket pangan murah.

Pelindo Bantu Warga yang Mau Mudik Lebaran Tapi Terkendala Biaya

Kepala Biro Umum dan Hubungan Masyarakat Kementerian BUMN, Wahyu Wibowo menjelaskan, terkait pembukaan lowongan kerja, kementerian dan BUMN lainnya akan membuka 11 ribu lowongan kerja, di mana 1.000 diantaranya diperuntukkan bagi penyandang disabilitas pada Maret hingga April 2019.

Untuk pendaftarannya, Wahyu menjelaskan, nantinya bakal dibuka melalui website Kementerian BUMN. Perusahaan-perusahaan BUMN yang bakal melakukan proses rekrutment juga dikatakannya bakal masuk ke dalam situs tersebut sehingga menjadi satu padu agar memudahkan masyarakat melakukan pendaftaran.

Tebar Kehangatan di Safari Ramadan BUMN 2024, Kementerian BUMN dan Bank Mandiri Gelar Pasar Murah

"Hampir semuanya (BUMN yang buka), hampir 80, saya enggak inget. Tunggu saja di webnya akan segera ditayangkan. Macam-macam, perkebunan, Pertamina, Himbara, pelabuhan. Beberapa sudah mulai," kata dia saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Senin 4 Maret 2019.

Sementara itu, terkait pembagian satu juta paket pangan murah dilaksanakan pada 1-13 April 2019 dan di distribusikan ke seluruh Indonesia. Paket yang akan didistribusikan berisi lima komoditas kebutuhan bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, garam dan sarden dengan harga Rp10.000 per paket.

Simak Syaratnya! Ada Ratusan Lowongan Kerja di Rekrutmen Bersama BUMN 2024

"Semuanya merupakan produk-produk yang diproduksi oleh BUMN dengan harga jual sebesar Rp10.000 per paket. Beras produksi Perum Bulog, gula dan minyak goreng dari PT RNI, garam dari PT Garam, sarden dari PT PPI," tegasnya.

Selain itu, dalam rangkaian HUT tersebut yang dimulai pada 3 Maret hingga 13 April 2019, juga akan digelar berbagai program promo ritel dan online di ribuan merchant, misalnya, program #senindiongkosin bagi pengguna kereta komuter dan feeder transjakarta di Bekasi dan puncak perayaan HUT akan dilakukan peresmian gedung Kementerian BUMN pada 13 April 2019.

Kemudian, ada pula paket murah biosolar bagi nelayan dengan Harga Rp12.500 per paket, di mana setiap paket berisi lima liter biosolar dari Pertamina. 

Serta, program Padat Karya Tunai, yakni program untuk satu juta man hours ini meliputi aktivitas bersih-bersih lingkungan, penghijauan, perbaikan sarana ibadah dan umum termasuk normalisasi saluran air, pengerasan jalan, renovasi sekolah dan digitalisasi kampung.

"Dalam tiga hari langsung dibayar tiga hari, orang bekerja langsung dibayar upahnya. Kalikan saja kalau jumlah nilainya berapa, Rp1 juta biasanya sehari delapan jam. Rp1 juta dibagi delapan jam kali kan upah harian di sana berapa, ketemu angkanya," ungkap Wahyu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya