Pelabuhan Tanjung Perak Didorong Jadi Pusat Distribusi Kertas Nasional

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Pelindo III dan grup usaha Sinar Mas menjajaki peluang kerja sama menjadikan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, sebagai salah satu pusat distribusi kertas di Indonesia. 

Biomedical Campus Hadir di BSD City

Pelabuhan tersebut diketahui berada di tengah wilayah Indonesia, sehingga secara geografis strategis untuk menjadi hub distribusi. Letak geografis tersebut potensial untuk mendukung ekspansi pasar produsen kertas dan pulp raksasa tersebut. 

“Potensi kerja sama ini sangat baik, karena Tanjung Perak memiliki kesiapan fasilitas pergudangan dan lahan yang siap dimanfaatkan. Apalagi kini ada PT Berkah Multi Cargo (BMC), lini bisnis Pelindo III yang melayani jasa logistik,” kata Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III, Toto Nugroho, dikutip dari keterangan resminya Selasa 5 Maret 2019

Sinar Mas Rayakan HUT ke-85, Ini Nilai-nilai yang Jadi Panutan

Lebih lanjut Toto mengungkapkan, optimisme juga didapatkan karena Sinar Mas sebagai pemain besar di industri kertas dan pulp sudah memiliki ceruk pasar tersendiri yang stabil. Selain itu grup usaha itu juga memiliki segmen bisnis lain yang juga potensial untuk menggunakan jasa logistik Pelindo III, yakni agribisnis, pangan, dan infrastruktur. 

Seperti diketahui, Sinar Mas sudah menjadi salah satu pengguna jasa Pelindo III untuk jasa bongkar muat curah cair dan lahan penumpukan untuk komoditas CPO (minyak kelapa sawit), di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. 

Sinar Mas Dukung Transformasi Digital dalam ASEAN-BAC

Ia menambahkan, peluang kerja sama lain yang akan dijajaki yaitu pemanfaatan layanan peti kemas di Pelabuhan Tanjung Perak, pemasaran biodiesel di Bali, jasa bongkar muat antarkapal di perairan Satul, serta pelayanan kapal pandu dan tunda di Selat Lombok. 

Setelah Pelindo III menjalin kerja sama dengan Pertamina untuk pelayanan kapal pandu dan tunda di pelabuhan. Pada saat yang sama juga mendiskusikan kemungkinan joint operation untuk layanan yang sama dengan swasta yakni Grup Sinar Mas. 

Lebih lanjut dia menegaskan, Pelindo III terus mendorong sinergi pelayanan kapal dengan operator-operator pelabuhan di Indonesia, baik BUMN maupun swasta. 

"Karena integrasi pemanfaatan infrastruktur dan layanan di pelabuhan merupakan bentuk dukungan yang riil pada upaya pemerintah dalam menekan biaya logistik di Indonesia yang merupakan negara kepulauan,” kata Toto.

Sementara itu perwakilan dari Sinarmas, Group Supply Chain Director Antonius Maryanto menyebutkan, pihaknya menyambut baik adanya diskusi bisnis yang digagas oleh BUMN seperti Pelindo III. Sehingga diharapkan, sinergi bisnis yang dilakukan bisa saling menguntungkap. 

“Sesama pelaku bisnis baik dari pemerintah BUMN maupun swasta sebaiknya sering berdiskusi langsung, tidak hanya berkomunikasi saat ada kendala di lapangan.” (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya