Jargas Mampu Hemat Devisa Impor Elpiji Rp18 Miliar Per Bulan

Jaringan Gas Rumah Tangga PGN
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi atau BPH Migas mengungkapkan, ada penghematan impor elpiji dari capaian pembangunan jargas sepanjang 2018. Hingga akhir 2018, disebutkan sudah ada sebanyak 325.773 sambungan rumah tangga jargas yang terbangun. 

Beli Gas 3 Kg Sertakan KTP, Warga Depok Curiga Dipakai untuk Data Pinjol

Kepala Seksi Akun, Pengaturan dan Tarif BPH Migas, Irawan Bayu Kusuma mengatakan, dari peralihan penggunaan elpiji masyarakat ke jargas ada penghematan devisa impor yang diperkirakan sebesar Rp18,08 miliar per bulan. 

"(Hemat impor elpiji) 2.831 ton per bulan atau Rp18,08 miliar per bulan. Itu penghematan 2018," kata Irawan di kantornya, Jakarta, Selasa 5 Maret 2019.

Ledakan Hebat Terjadi Dekat Pelabuhan Kamal Bangkalan, 4 Rumah Rusak Berat

Ia mengharapkan, dengan masifnya pembangunan jargas, maka ketergantungan Indonesia akan impor elpiji bisa semakin berkurang. Dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) telah ditetapkan target pembangunan jargas sebanyak 4,7 juta sambungan rumah tangga pada 2025.

"Diharapkan, dengan adanya progres yang masif akan ada anggaran dari APBN dan partisipasi aktif dari badan usaha penugasan itu akan menambah jumlah jaringan yang ada saat ini, sehingga akan kurangi impor elpiji," jelasnya. 

Pemerintah Perluas Jargas ke 2,5 Juta Rumah Tahun Depan

Ia menyebut, total impor elpiji pada 2018, mencapai lima juta ton dan pemenuhan elpiji dalam sendiri hanya dua juta ton. Untuk itu, pembangunan jargas ke depan dinilai sangat penting untuk mengurangi impor elpiji. 

Sementara itu, Direktur Gas Bumi BPH Migas, Tisnaldi mengatakan, kendala dalam pembangunan jargas hanya pada anggaran yang dialokasikan setiap tahun. 

"Sejauh ini, kesulitannya enggak ada, cuma karena anggaran APBN itu single year harus dipakai di tahun yang sama, jadi masih terbatas. Kita buka, kita dorong ada penyertaan modal dari badan usaha," ujar Tisnaldi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya