Nyepi, Layanan Penyeberangan Jawa-Bali-Lombok Ditutup Sementara

Ilustrasi Kapal Roro Baru Milik ASDP
Sumber :

VIVA – PT ASDP Indonesia Ferry menutup sementara layanan penyeberangan dari dan menuju ke Pulau Bali hari ini. Yakni, lintasan Ketapang-Gilimanuk dan Lembar-Padangbai selama 24 jam, yang melayani operasional penyeberangan di dua lintasan yang menghubungkan wilayah Jawa, Bali dan Lombok. 

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

Corporate Secretary ASDP Imelda Alini mengatakan, penutupan tersebut dilakukan sesuai dengan surat edaran Gubernur Bali dan rapat koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan penyeberangan terkait Hari Raya Nyepi 2019 yang jatuh pada Kamis 7 Maret 2019. 

"Pemberangkatan kapal terakhir dari Pelabuhan Ketapang pada Rabu pukul 23.00 WIB atau 24.00 WITA. Sedangkan pembePenutupan sementara operasional di lintasan yang menghubungkan Jawa, Bali dan Lombok akan dilakukan selama 24 jam, dan rangkatan kapal terakhir dari Pelabuhan Gilimanuk Kamis pukul 05.50 WITA atau 04.50 WIB," kata Imelda dikutip dari keterangan resminya, Kamis 7 Maret 2019.

Arus Balik Lebaran, Baru 27 Persen Kendaraan Pribadi Kembali dari Sumatera ke Jawa

Selanjutnya, pemberangkatan kapal terakhir dari Pelabuhan Lembar pada Rabu pukul 19.30 WITA, dan pemberangkatan kapal terakhir dari Pelabuhan Padangbai pada Kamis pukul 03.00 WITA.

"Operasional akan kembali beroperasi normal pada Jumat, 8 Maret 2019. Kami mengimbau kepada seluruh pengguna jasa agar mengatur jadwal perjalanannya dengan baik," ungkapnya.

Puncak Arus Balik Lebaran Lintasan Bakauheni-Merak Diprediksi Malam Ini

Dari Ketapang, pemberangkatan kapal pertama pada Jumat dari pukul 05.00 WIB atau 06.00 WITA, dan dari Pelabuhan Gilimanuk akan menyesuaikan dengan jadwal yang berlaku, dengan jadwal kapal di atas pukul 06.00 WITA. Selanjutnya, pemberangkatan kapal pertama dari Pelabuhan Lembar pada Jumat (8/3) pukul 04.30 WITA dan dari Pelabuhan Padangbai pada pukul 09.00 WITA.

Terkait layanan dan operasional selama Nyepi, ASDP Cabang Ketapang dan Lembar telah mengintruksikan kepada operator pelayaran yang beroperasi di kedua lintasan tersebut untuk menyosialisasikan penutupan sementara aktivitas penyeberangan kepada penumpang.

Namun demikian, ASDP telah mengantisipasi lonjakan kendaraan di kedua lintasan tersebut dengan menyiagakan armada secara maksimal serta pengaturan waktu berlayar dan sandar. Untuk di Ketapang-Gilimanuk, ASDP mengoperasikan 32 unit kapal per harinya dari total 52 unit kapal yang disiagakan. 

ASDP juga menyiapkan lahan parkir tambahan, baik di Pelabuhan Ketapang maupun Pelabuhan Gilimanuk. Hal itu untuk mengantisipasi menumpuknya kendaraan di kedua Pelabuhan karena tidak bisa menyeberang pada hari H perayaan Nyepi 2019 seiring penutupan sementara kegiatan operasional. 

Sementara itu, antisipasi juga dilakukan di Pelabuhan Padangbai seiring dengan peningkatan trafik kendaraan saat penutupan sementara. Adapun Selasa malam lalu merupakan puncak arus yang didominasi sepeda motor. 

"Antisipasi kami dengan melakukan penambahan kapal di mana selama 12 jam hanya 8 kapal menjadi 13 kapal yang beroperasi, dan mengurangi waktu bongkar muat dari 90 menit menjadi 45 menit,” ungkapnya.

“Kami juga telah melakukan penambahan loket untuk roda 2 pada Rabu (6/3) sejak pukul 00.30 WITA dikarenakan arusnya terus bertambah," tambahnya.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya