Festival Haji dan Umrah di Surabaya, Dijamin Tak Ada Travel Bodong

Petugas kantor Imigrasi memberikan informasi soal pengurusan dokumen perjalanan di Festival Haji dan Umrah di Surabaya pada Rabu, 13 Maret 2019.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Animo masyarakat beribadah haji dan umrah di Jawa Timur disebut sangat tinggi. Namun, sedikit yang memahami dengan jelas apa yang harus dilakukan ketika mengurus dokumen perjalanan. Padahal, urusan dokumen perjalanan sangat penting agar jemaah bisa terbang ke Tanah Suci di Arab Saudi, negara tujuan haji dan umrah.

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

Nah, demi membantu calon jemaah haji dan umrah agar mudah mengurus dokumen perjalanan, CodyMaxx menggelar Haji dan Umrah Festival di Atrium Grand City Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu hingga Minggu, 13-17 Maret 2019. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya dan Bank Jatim Syariah dikerjasamakan sebagai mitra.

Tentu saja perusahaan jasa travel yang legal ikut serta. Public Relation CodyMaxx, Abu Fatih Ibrahim, menjelaskan bahwa ada sepuluh perusahaan jasa travel terpercaya ikut serta dalam festival yang digelarnya. Festival sengaja digelar untuk memudahkan masyarakat dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah, dari memilih biro perjalanan hingga urusan keimigrasian.

Belum Haji Bolehkah Dipanggil Pak Haji? Begini Buya Yahya Menjelaskan

Tingginya animo masyarakat Jatim dalam hal haji dan umrah jadi pertimbangan kenapa festival itu digelar di Surabaya. “Tujuannya agar masyarakat makin mudah mendapatkan layanan jasa dari perusahaan travel haji dan umrah yang benar-benar dapat dipercaya,” kata Abu Fatih Ibrahim kepada wartawan di sela-sela acara.

Sekarang, kata Abu Fatih, masyarakat masih gamang soal pilihan biro perjalanan. Apalagi setelah banyak kasus travel bodong yang diungkap Kepolisian. “Untuk itu, dengan adanya festival ini masyarakat akan lebih mudah dalam menentukan jasa perusahaan travel haji dan umrah,” ujarnya.

Momen Menegangkan Anang Hermansyah dan Keluarga Terjebak Banjir di Dubai

Dalam hal pengurusan dokumen perjalanan, kantor Imigrasi juga memberikan edukasi di arena festival. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Barlian, mengatakan bahwa di festival itu masyarakat akan mendapatkan informasi tentang alur pembuatan paspor, khususnya haji dan umrah, dan persyaratan apa saja yang harus disiapkan, termasuk tentang paspor elektronik atau e-Paspor.

Barlian menjelaskan, hal yang perlu diketahui masyarakat bahwa paspor haji dan umrah berbeda dengan pembuatan umumnya paspor. “Kami akan memberikan informasi tentang tata cara pembuatan paspor umrah dan haji kepada masyarakat yang akan melaksanakan ibadah umrah dan haji,” ujarnya.

Hal lain dan menguntungkan dalam Festival Haji dan Umrah itu ialah kesempatan memperoleh pinjaman dana haji dan umrah yang bisa diangsur selama lima tahun. Soal itu, CodyMaxx bekerjasama dengan Bank Jatim Syariah. “Bank Jatim Syariah menawarkan program bantuan talangan dana dengan tenor hingga lima tahun,” kata Managing Director CodyMaxx, Emma Samlan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya