Harkonas 2019 Banyak Diskon, Puncak Acara Digelar di Bandung

Konferensi pers jelang puncak peringatan Harkonas 2019,
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Edwin Firdaus

VIVA – Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) melakukan berbagai macam kegiatan, dalam mempromosikan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) kepada masyarakat tahun ini. 

Kementerian Perdagangan dan Penegak Hukum Diminta Lebih Tegas Tangani Peredaran Oli Palsu

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Veri Anggrijono, dalam konferensi pers jelang puncak peringatan Harkonas 2019, di Shangri-La Hotel, Jakarta, Kamis, 14 Maret 2019.

"Melalui kegiatan-kegiatan itu, diharapkan masyarakat mengenal Harkonas dan semakin mengetahui pula hak dan kewajibannya sebagai konsumen. Dengan demikian, masyarakat akan menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya," ujar Veri didampingi Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional, Ardiansyah.

Menurut dia, kegiatan yang masih berlangsung saat ini adalah pekan diskon secara daring dan luring. Kegiatan berlangsung sejak Selasa, 13 Maret 2019 sampai puncaknya Rabu, 20 Maret 2019. 

PB KAMI Desak Kementerian Perdagangan Cabut Izin Perusahaan Pembuat Oli Palsu

Veri mengungkapkan, pekan diskon ini dilaksanakan atas kerja sama pihaknya dengan marketplace seperti, Shopee, Blanja.com, Elevenia, Alfamart.com, Matahari.com, dan Gojek. 

Sedangkan secara luring, kerja sama dilakukan dengan ritel seperti Indomaret, Alfamart, Matahari Department Store, Sogo Department Store, Alun-Alun Indonesia, Damn I Love Indonesia, Aeon, Kafe Betawi, Bakmi Naga, Ranch Market, dan Farmers Market.

Integrasi Tiktok Shop dan Tokopedia, DPR: Harus Bantu UMKM Adaptasi dengan Teknologi

Veri menambahkan, kegiatan lain yang masih berjalan yaitu klinik pengaduan yang digelar Kemendag dan BPKN bersama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, di Kota Bandung, Jawa Barat. 

Acara tersebut berlangsung pada 23 Februari sampai 18 Maret 2019 di sejumlah tempat, seperti di Mal Transmart, Yogya Departement Store, dan Giant. Acara berlangsung setiap Sabtu dan Minggu. "Kegiatan ini diharapkan menggugah masyarakat untuk menyuarakan keluh kesahnya jika merasa dirugikan oleh pelaku usaha," kata Veri.

Puncak Acara

Sebelumnya pada 12 Maret 2019, menurut Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional, Ardiansyah, BPKN menggelar kuliah umum betajuk "Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya". Sebab, berdasarkan survei yang dilakukan IPB, saat ini tingkat indeks konsumen di Indonesia masih di tahap 'mampu', dalam arti mampu memperjuangkan haknya sebagai konsumen. 

Diketahui, tahapan indeks pemberdayaan konsumen ini sebagaimana survei Kemendag dengan IPB terdapat lima kategori. Tahap Tahu, Paham, Mampu, Kritis dan Berdaya.

Total peserta yang menghadiri kuliah umum, tercatat mencapai lebih dari 1.600 mahasiswa. "Kegiatan ini bertujuan untuk menyuarakan secara masif tentang hak dan kewajiban konsumen yang ada dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 kepada para mahasiswa," ujarnya.

Selain itu, pada 9 Maret 2019, kata dia, diadakan lomba menggambar di mall Transmart Buah Batu yang diikuti oleh 120 siswa dari 42 Sekolah Dasar di Bandung. Selanjutnya, pada 21 Februari 2019, Kemendag dan BPKN menggelar kegiatan donor darah yang diikuti 531 orang. 

Pada kegiatan puncak peringatan Harkonas 2019 pada tanggal 19-20 Maret 2019, di Kota Bandung akan diadakan pameran Edukasi Konsumen. Pameran diikuti oleh Kemendag, BPKN, dan pelaku usaha dari sembilan sektor prioritas yang tercantum dalam Strategi Nasional Perlindungan Konsumen. 

Puncak peringatan Harkonasakan diselenggarakan pada 20 Maret 2019 di halaman lapangan Gasibu, Bandung dan direncanakan dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya