JK Prihatin Kontraktor Kerap Terjerat Korupsi

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA / Reza Fajri

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap para pengusaha kontraktor tidak hanya mencari-cari proyek. Dia meminta para pengusaha konstruksi tidak mengandalkan lobi-lobi ke kepala daerah untuk mendapatkan proyek.

Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK

"Kalau Anda menjadi pengusaha yang profesional, maka Anda yang dicari, bukan Anda yang mencari proyek. Pengalaman kita semua, apabila bekerja fokus dengan keahlian, maka kontraktornya yang dicari," kata JK di Munas Gapensi di Jakarta Pusat, Kamis 14 Maret 2019.

"Kalau mengandalkan lobi, maka habis uang di lobi," tambah dia.

Keluarga SYL Terungkap Ikut Nikmati Uang Korupsi di Kementan, KPK Bilang Begini

Dia mengaku prihatin banyak kontraktor yang terjerat korupsi. Hal itu terjadi karena adanya permainan antara kontraktor dengan oknum penyelenggara negara atau kepala daerah.

"Apabila ada yang tertangkap tangan, kadang-kadang juga ikut kontraktornya di situ. Memang bukan kesalahan kontraktornya saja, tapi yang punya proyek. Apakah itu bupati, apakah itu gubernurnya," ujar JK.

Pensiunan Jenderal Bintang 4 Berinisial B Terseret Kasus Korupsi Rp271 T, Siapa Dia?

Menurut Wapres, hal itu sangat merugikan kredibilitas dari profesi kontraktor. Karena itu JK meminta para kontraktor menghindari praktik-praktik yang menjurus korupsi.

"Kita tahu berpikir bagaimana memajukan dunia kontraktor bukan hanya keahlian kontraktor untuk lobi. Lobi ke bupati, lobi ke gubernur, lobi ke PU. Tapi merupakan suatu upaya profesional," kata JK.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor usai halal bihalal di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Bakal Panggil Lagi Gus Muhdlor Pekan Depan

KPK berencana akan memanggil Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali alias Gus Muhdlor pada pekan depan terkait dugaan korupsi pemotongan insentif pegawai BPBD di Sidoarjo.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024