Kemenhub Resmi Larang Boeing 737 Max 8 Terbang di Wilayah Udara RI

Kemenhub inspeksi Boeing 737 Max 8.
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian Perhubungan.

VIVA – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menetapkan larangan beroperasi bagi seluruh pesawat terbang Boeing 737 MAX 8 yang dioperasikan oleh operator penerbangan Indonesia di wilayah ruang udara Republik Indonesia, berlaku sejak 14 Maret 2019. 

Jendela Kokpit Retak, Pesawat Domestik Harus Putar Balik

Langkah Kemenhub ditempuh setelah memperhatikan Continuous Airworthiness Notification to the International Community (CANIC) yang diterbitkan oleh FAA pada 13 Maret 2019 perihal updated information regarding FAA continued operations safety activity related to the Boeing Model 737-8 and 737-9 (737 MAX) fleet dari Federal Aviation Administration.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti menegaskan bahwa Larangan beroperasi ini berlaku sampai dengan adanya pemberitahuan lebih lanjut, dengan mempertimbangkan terpenuhinya keselamatan penerbangan. 

Alamak! Boeing Diguncang Skandal Baut Kemudi Pesawat 737 MAX Lepas

“Demi terpenuhinya keselamatan penerbangan di Indonesia, kami memutuskan untuk melarang terbang seluruh pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dioperasikan oleh operator penerbangan Indonesia di wilayah ruang udara Republik Indonesia, berlaku sejak 14 Maret 2019,” tegas Polana dalam keterangan resminya, Kamis 14 Maret 2019.

Sementara itu, lanjut Polana larangan penerbangan ini tidak berlaku bagi penerbangan Boeing 737 Max 8 yang bertujuan non-komersil atau tidak membawa penumpang dan ferry flight dalam rangka kembali ke lokasi perawatan atau penyimpanan pesawat.

Viral Polri Punya Pesawat Baru Boeing 737-800NG, Begini Penampakannya

Ia menambahkan, keselamatan penerbangan menjadi hal terpenting dalam pelayanan penerbangan. “Bagi kami, keselamatan merupakan 'no go item'  yang tidak dapat ditawar,” ujar Polana.  

Youtuber pilot, Captain Edward Limbong dan Alshad Ahmad.

Mau Coba Sensasi Jadi Pilot Sekaligus Menerbangkan Pesawat? Yuk, Jajal di Sini!

Tak sedikit dari kita ketika naik pesawat, ingin jalan-jalan ke kokpit bahkan duduk di sebelah pilot sambil memerhatikan sang captain menerbangkan pesawat. Apa bisa?

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2024