Menkeu Sri Pastikan Bantuan Usaha dari Pemerintah Efektif di Daerah

Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arrijal Rahman

VIVA – Program bantuan usaha Ultra Mikro atau UMI dengan dana pinjaman di bawah Rp10 juta, telah berjalan di Banten. Pinjaman dengan sistem syariah ini, proses transaksinya disaksikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Mendagri Tito: Perangkat dan Kepala Desa Tidak Dapat THR

"Mereka ini melakukan usaha ekonomi masyarakat kecil-kecilan, ada yang pinjamnya Rp3 juta, pinjamnya Rp7 juta, untuk jualan makanan, jualan kerajinan," kata Sri saat ditemui di Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten, Jumat 15 Maret 2019.

Simpan pinjam itu dilakukan oleh Koperasi AKR, sekaligus mendampingi warga dalam melakukan usahanya agar berkembang dan menjadi mandiri.

UU Desa Disahkan, Para Kades Rayakan dengan Joget Dangdut di Depan Gedung DPR RI

"Sehingga ibu bapak sekarang memiliki modal yang bisa diputar, itulah program pemerintah," terangnya.

Program UMI ini diharapkan memberdayakan masyarakat ekonomi bawah, agar bisa mandiri menghidupkan keluarganya.Pendamping bertanggung jawab, peminjam ultra mikro ini bisa maju dalam usahanya. 

Cak Imin Mau Naikin Dana Desa Rp5 Miliar: Masyarakat Tak Lagi Tertarik jadi Urbanisasi

Sepanjang tahun 2018, pemerintah pusat telah men-transfer Rp15,46 triliun ke Banten sebagai dana desa, alokasi khusus dan lainnya. Sedangkan 2019 ini sebesar Rp17, 06 triliun. 

Dana APBN yang ditransfer ke daerah itu setidaknya memberikan efek positif, telihat dari pertumbuhan ekonomi di Banten mencapai 5,9 persen di 2018, di atas rata-rata nasional.

"Anggaran ini bersama-sama dengan anggaran dari Kementerian PUPR, Kementerian Desa, agar masyarakat bisa menjadi kreatif, menjadi berdaya," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya