Gelar APQ Award 2019, Pertamina Ciptakan Nilai Tambah Rp49,8 Triliun

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – PT Pertamina menggelar Annual Pertamina Quality atau APQ Award 2019 di kantor pusat Pertamina, Senin 18 Maret 2019. Perhelatan ini menampilkan inovasi dari 1.000 insan Pertamina yang tergabung dalam 161 gugus terseleksi. 

Pertamina Patra Niaga Beberkan Upaya Pemerataan Energi Indonesia di Hannover Messe 2024

Dari seluruh gugus yang terdaftar di Indonesia, disebut mampu menciptakan value creation atau penciptaan nilai tambah Rp49,8 triliun. Penciptaan nilai APQ 2019 ini meningkat Rp10 triliun, dibanding capaian 2018, yang sebesar Rp39,75 triliun.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, ajang ini merupakan wadah berkumpulnya para inovator Pertamina untuk merespons tantangan zaman. Tema yang diusung tahun ini, yakni Insan Mutu Bersinergi Melakukan Inovasi dan Digitalisasi Bisnis Untuk Merespons Era Revolusi Industri 4.0. 

Pakar Sebut Fakta Mengejutkan soal BBM Pertalite

Tema ini, kata Nicke, menekankan pentingnya sinergi, serta inovasi dan digitalisasi bagi keberhasilan Pertamina dalam merespons tantangan industri 4.0. 

"APQ Awards 2019, menunjukkan konsistensi Pertamina dalam membangun budaya inovasi dan improvement (perbaikan), serta sinergi positif dalam pengelolaan inovasi dan improvement di level strategis maupun operasional,” ujar Nicke di kantor pusat Pertamina, Jakarta. 

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU

Ia pun berpesan kepada seluruh manajemen puncak di unit, region, dan anak perusahaan, agar berperan aktif sebagai role model dalam pelaksanaan kegiatan manajemen mutu Pertamina. 

Di antaranya, meningkatkan efektivitas sistem dan proses kerja melalui kegiatan Continuous Improvement & Innovation yang mampu menciptakan value bagi perusahaan, serta mendorong proses replikasi dan komersialisasi atas karya inovasi di seluruh Pertamina. 

“APQ Awards 2019, agar dijadikan suatu proses berkesinambungan, dan wadah untuk menggali potensi, meningkatkan motivasi dan terus mengukir prestasi Pertamina di kancah Nasional, Regional, dan Internasional,” tambah Nicke.  

APQ 2019 ini, dikatakan, bertujuan untuk penciptaan budaya perbaikan berkelanjutan atau Continuous Improvement Program/CIP. Ajang kompetisi dan pameran inovasi insan mutu Pertamina ini akan berlangsung selama tiga hari, yakni 18-20 Maret 2019 di Kantor Pusat Pertamina. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya