Pemerintah Akan Impor 100 Ribu Ton Bawang Putih

Seorang warga memanen bawang putih.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Anis Efizudin

VIVA – Pemerintah telah menugaskan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau Perum Bulog untuk mengimpor bawang putih sebanyak 100 ribu ton pada bulan ini, Maret 2019. Bawang putih itu nantinya akan diimpor langsung dari China.

Intip Sederet Ketentuan Barang Kiriman Pekerja Mingran, Tak Lagi Diatur Permendag

"Ya pasti China lah, yang namanya bawang putih itu cuma China," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa 19 Maret 2019.

Darmin menjelaskan, alasan impor tersebut dilakukan lantaran harga bawang putih saat ini telah meningkat tajam, dari yang biasanya di kisaran Rp25 ribu per kilogram menjadi Rp40-45 ribu per kilogram.

Seribu Ton Beras Impor Masuk Pulau Sumbawa, Anggota DPR: Mencekik Petani

Penyebabnya, kata dia, ketersediaan bawang putih saat ini jauh di bawah jumlah kebutuhan masyarakat, yakni kekurangannya di kisaran 400-450 ribu ton per tahunnya.  

Terlebih, kata dia, saat ini Indonesia akan memasuki bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri pada Juni 2019. Kebijakan antisipatif untuk memenuhi kekurangan itu perlu dilakukan, supaya harganya tidak semakin meningkat.

Bea Cukai Banten Terbitkan Izin Fasilitas Gudang Berikat

"Karena yang ditanam di dalam negeri tidak banyak berubah itu. Nah oleh karena itu, bukan cuma yang hanya 100 ribu ton penugasan ke Bulog, swasta juga akan dapat (izin impor). Sampai berapa? Sampai kira-kira 400 ribu ton," ujar Darmin.

Sebelumnya, keputusan impor bawang putih tercipta usai pemerintah melakukan rapat koordinasi terbatas di bawah komando Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, Senin malam, 18 Maret 2019 di kantornya, Jakarta. (art)

Bea Cukai memberikan izin pembebasan bea masuk

Bea Cukai Beri Izin Pembebasan Bea Masuk Impor Alat Kesehatan

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Timur (Jatim) I, Untung Basuki, memberikan izin pembebasan bea masuk dan tidak dipungut pajak atas impor alat kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024