Setelah Jatim, Bakrie Group Siap Eksplorasi Gas di Wilayah Lain

Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Chairman Bakrie Group, Indra Bakrie
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Chairman Bakrie Group, Indra Bakrie berharap, langkah Kangean Energy Indonesia Ltd dalam menyalurkan gas dari Lapangan Terang Sirasun Batur atau TSB fase kedua akan mampu membuat masyarakat Jawa Timur menikmati gas sebagaimana masyarakat di wilayah lainnya.

Harga Gas Murah Industri Bikin Pemasukan Negara Hilang Rp 15,70 Triliun

"Jadi kalau di tempat lain sudah bisa dengan gas, kenapa di Jawa Timur enggak? Di mana Jawa Timur ini banyak sekali yang bisa kita eksplorasi untuk membantu masyarakat," kata Indra di Surabaya, Jawa Timur, Rabu 20 Maret 2019.

Mengenai bagaimana kapasitas yang tergali untuk fase kedua ini serta apakah masih ada yang perlu dikembangkan lagi, Indra pun mengaku bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk tetap melakukan upaya eksplorasi pada waktu berikutnya.

Emiten Produsen Gas Industri Ini Bakal Tebar Dividen 31 Persen dari Laba

"Jadi setelah ini, sekarang tinggal 60 MMSCFD menjadi 220 MMSCFD kembali. Artinya ada 160 MMSCFD lagi. Nah setelah ini kita harus mengadakan eksplorasi lagi," kata Indra.

Oleh karenanya, Indra menjelaskan bahwa melalui upaya pihaknya dan berkoordinasi bersama Kementerian ESDM, rencana eksplorasi itu akan menjadi tujuan mencari sumber gas baru.

Implementasi Penetapan Harga Gas untuk Industri Dinilai Tidak Efektif, Pemerintah Diminta Evaluasi

"Saya juga sudah berkomitmen dengan Kementerian ESDM bahwa kita akan mengadakan eksplorasi lagi untuk bisa tetap memproduksi. Karena oil dan gas ini kan enggak diam di situ lama-lama, tapi turun, turun dan turun. Maka kita harus punya sumber baru," kata Indra.

Bahkan setelah nantinya sanggup memenuhi kebutuhan gas untuk wilayah Jawa Timur, tak menutup kemungkinan bahwa pihaknya juga akan melakukan hal serupa bagi daerah-daerah lainnya.

"Untuk Jawa Timur dan wilayah lain-lainnya di seluruh Indonesia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya