Terminal Low Cost Carrier Disiapkan di Bandara Soetta, Sudah 70 Persen

Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Menteri Pariwisata Arief Yahya menargetkan pada Mei 2019, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang akan menyediakan terminal level Low Cost Carrier Terminal (LCCT).

Resmikan Unpad EdEx, Universitas Padjadjaran Targetkan 100 Ribu Peserta di 2028

LCCT merupakan terminal bandara khusus yang dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan maskapai penerbangan berbiaya rendah. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan angka wisatawan mancanegara (wisman) yang ditargetkan 20 juta wisatawan pada 2019.

"Saat ini, memang kita sedang kejar target peningkatan wisman untuk meningkatkan devisa juga. Makanya kami sudah berbicara dengan Pak Presiden (Joko Widodo) terkait beberapa terobosan, salah satunya, kehadiran LCCT dan akhirnya disetujui oleh Presiden yang mana lokasi pertama akan ada di Bandara Soekarno-Hatta," kata Arief saat melakukan pengecekan di Airport Operation Control Center (AOCC) di kawasan Perkantoran Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 21 Maret 2019.

Arief Yahya Masuk Jajaran Tokoh Inspirasi Bangsa di Ajang Anugerah BUMN 2023

Menurutnya, sejauh ini Indonesia tidak bisa hanya mengandalkan penerbangan dengan Full Service Carrier (FSC) untuk meningkatkan jumlah wisman lantaran Indonesia bukanlah market leader.

"Memang ada beberapa cara untuk tingkatkan angka wisman, salah satunya hot deal, di mana memberikan diskon sampai 60 persen ke destinasi Kepulauan Riau. Tapi itu tidak cukup karena Indonesia ini bukan seperti negara tetangga,” ujarnya. 

Arief Yahya: Grab dan Bukalapak akan Menyusul GoTo

“Bahkan, negara tetangga saja seperti Singapura itu punya LCCT untuk tingkatkan wismannya. Padahal dia bisa dikatakan market leader untuk pariwisata. Makanya hal itu harus kita terapkan di Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan, terkait dengan persiapan LCCT tersebut kini telah mencapai 70 persen. Bahkan, beberapa maskapai sudah mulai masuk ke Indonesia untuk terminal penerbangan berbiaya rendah itu.

"LCCT ini adalah konsep dan strategi baru yang mendorong forum tourism arrival. Maskapai yang bergabung sudah ada beberapa yakni maskapai dari China dan India yang akan bergabung," ungkapnya.

Nantinya, LCCT tersebut akan ada di Terminal 2 E dan F untuk penerbangan internasional. Sementara itu, Terminal 3 untuk penerbangan Full Service Carrier dan Terminal 1 untuk penerbangan domestic low cost carrier. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya