Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Batal Digunakan saat Mudik Lebaran

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono memastikan jalan tol layang Jakarta-Cikampek, tidak bisa digunakan secara fungsional pada mudik Lebaran 2019. Direncanakan sebelumnya, tol ini akan dipergunakan secara fungsional, demi mengurai kepadatan di jalan tol Jakarta-Cikampek. 

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Progres pembangunan jalan tol layang itu, diketahui baru mencapai 70 persen. Di satu sisi, Lebaran 2019 sudah kurang dari tiga bulan lagi. 

"Dipastikan, belum bisa (digunakan mudik). Dan, saya tidak terlalu ngotot, karena saya lihat risikonya terlalu tinggi, apalagi hujan. Kan, kalau hujan lewat, kan ngeri," kata Basuki di kantornya, Jakarta, Jumat 22 Maret 2019. 

Tarif Tol di 3 Ruas Ini Dapat Diskon, Simak Lokasi dan Waktunya

Menurut Basuki, lebih baik jalan tol yang ada disterilisasi terlebih dahulu. Sehingga, lalu lintas bisa lebih lancar dan tentunya lebih aman. 

"Jadi, mending kita safety first. Mendingan, yang nanti pada saat Lebaran itu dibersihkan yang bagian bawah Kembalikan jalurnya dulu," katanya. 

Selebgram Alami Hal Mistis di Tol Cikampek KM 58, Mencium Bau Bunga dan Lihat Sosok Misterius

Ditegaskan Basuki, persentase kemungkinan pengoperasian jalan itu saat mudik sangat kecil. Paling cepat, kata dia, jalan tersebut baru bisa selesai di bulan Juni atau Juli. 

"Jadi, tidak mengejar fungsional. (kemungkinan bisa digunakan) Itu sangat kecil dan pasti tidak bisa, daripada terjadi yang tidak-tidak, lebih baik safety first," tegasnya. (asp)

Truk jalan sendiri di Jalan Tol Batang-Semarang KM 413 B arah Jakarta

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

PT Jasa Marga Semarang-Batang membenarkan insiden truk yang berjalan sendiri di Jalan Tol Batang-Semarang KM 413 B arah Jakarta pada Kamis pagi, sekira pukul 08.00 Wib

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024