Menhub Janji Tingkatkan Konektivitas Genjot Pariwisata Daerah

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Andri Mardiansyah/VIVA.co.id

VIVA – Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi menyebutkan, kalau Presiden Joko Widodo menginginkan sektor pariwisata kini harus menjadi andalan semua provinsi di Indonesia. 

Kinerja Tiket.com Meningkat Seiring Pulihnya Industri Pariwisata

Apalagi, kontribusinya terhadap penerimaan negara sudah berada di nomor dua, bahkan terkadang nomor satu mengalahkan gas dan minyak.

"Karena wisata adalah suatu potensi yang tidak akan ada habis-habisnya. Kementerian Perhubungan secara sistematis melakukan itu (membuat konektivitas)," kata Budi Karya Sumadi, usai meresmikan stasiun Naras dan jalur kereta api Pariaman-Naras serta pengeporasian pelayananan terintegrasi di Sumatera Barat, Jumat, 22 Maret 2019.

Kebangkitan Pariwisata Nasional, Kolaborasi Otoritas Wisata Daerah dan UMKM

Lebih lanjut Budi menjelaskan, Sumatera Barat memiliki tiga hal penting dalam pengembangan sektor kepariwisataan. Tiga hal itu yakni, keindahan alam, kearifan lokal dan kelezatan makanan khas Minang. Dengan Tiga hal tersebut, diyakini pariwisata Sumbar pasti bisa menjadi suatu produk unggulan.

"Saya pikir potensi Padang-Malaysia, di mana Negeri Sembilan itu adalah negeri tempat nenek moyang orang Padang semua di sana. Nah ini, kita buat suatu konektivItas yang luar biasa. Bahkan saya, menganjurkan bapak Gubernur taruh semacam "duta besar " untuk mempromosikan padang lebih baik. Semoga Padang wisata unggul," ujar Budi.

Jadi Tuan Rumah ASEAN Tourism Forum 2023, Yogyakarta Optimalkan Peran Pelaku Pariwisata

Menurut Budi, Indonesia memiliki banyak pulau, provinsi dan kota yang harus dipersatukan dengan konektivitas. Hari ini, Pariaman-Naras terhubung. Tentunya hal itu kerja keras antara Kementerian Perhubungan, Provinsi dan Pemda serta kota. 

"Itu menandakan bahwa kita konsisten, pariwisata dari Sumatera Barat akan kita kembangkan menjadi produk unggulan yang nantinya tidak akan habis-habis," kata Budi. (row)

Ilustrasi Hotels

Strategi Baru Industri Perhotelan untuk Menarik Wisatawan Setelah Pandemi

Indonesia menyaksikan kebangkitan yang menggembirakan di sektor pariwisata, termasuk hiburan, properti, dan perhotelan.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2023