Bank DKI Dukung Sistem Pembayaran MRT Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Presiden Joko Widodo saat meresmikan MRT.
Sumber :
  • Adinda Purnama Rachmani/VIVA.co.id

VIVA – Terus dorong penerapan transaksi non tunai di DKI Jakarta, Bank DKI mendukung sistem pembayaran berbasis non tunai untuk pengguna moda transportasi perkotaan mass rapid transit atau MRT Jakarta.

Dirut MRT Jakarta Beberkan Alasan Revitalisasi Kawasan Blok M

Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Priagung Suprapto, seperti dikutip dari keterangannya, Senin 25 Maret 2019, mengatakan bahwa pengguna transportasi MRT Jakarta, dapat menggunakan uang elektronik JakCard Bank DKI, untuk melakukan pembayaran tiket MRT Jakarta.

Dengan bergabungnya Bank DKI menjadi sistem pembayaran di MRT Jakarta, Priagung yakin, akan semakin meningkatkan daya tarik fitur uang elektronik card based yang dimiliki Bank DKI, yaitu JakCard, khususnya pada sektor transportasi.

Diskon! Naik MRT Jakarta Cuma Rp 243 pada 23-24 Maret 2024

Ia optimistis, penambahan fitur pembayaran MRT Jakarta pada JakCard dapat mendorong pertumbuhan jumlah pengguna JakCard mencapai hingga mendekati lima juta pengguna. Hal itu, didasarkan pada potensi bisnis MRT Jakarta yang cukup besar.

Jumlah pengguna diperkirakan mencapai hingga 173 ribu penumpang per harinya. Dengan harga tiket yang relatif terjangkau, ia meyakini, jumlah transaksi JakCard Bank DKI bisa menembus lebih dari 10 juta transaksi per tahun.

Knowing Rules for Breaking the Fast Inside Public Transportation

JakCard adalah kartu pintar prabayar atau prepaid smartcard yang diterbitkan oleh Bank DKI sebagai alat pembayaran untuk berbagai transaksi di merchant-merchant yang bekerja sama dengan Bank DKI. Dengan menggunakan teknologi contactless chip, pengguna moda transportasi MRT Jakarta cukup mendekatkan JakCard pada mesin pembaca atau contactless card reader yang tersedia.

Adapun kartu JakCard Bank DKI mulai bisa digunakan di stasiun MRT Jakarta, sejalan dengan jadwal operasionalnya per 25 Maret 2019.

Selain MRT Jakarta, JakCard Bank DKI juga dapat dipergunakan untuk naik fasilitas layanan publik seperti Transjakarta dan transaksi pembayaran tiket untuk program regular dan personal frequent rider Kereta Bandara. Hal tersebut, merupakan upaya Bank DKI untuk mendorong peningkatan transaksi non tunai, khususnya pada segmen transportasi.

Selain itu, JakCard juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di Jakarta kawasan wisata publik seperti  Monumen Nasional, Taman Margasatwa Ragunan, dan Museum Seni & Keramik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya