Ada di Kawasan Danau Toba Mulai 24 April 2019, Gojek Janji Bina UMKM

Pantai Bukit Ceria, Silalahi, Kabupaten Dairi Danau Toba
Sumber :
  • Viva.co.id/Anugrah Andriansyah

VIVA – Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) gandeng Gojek, untuk memudahkan akses menuju objek wisata di kawasan danau terbesar di Asia itu. Aplikasi transportasi online itu, akan resmi beroperasi di Kabupaten Toba Samosir dan Parapat, Kabupaten Simalungun pada 25 April 2019.

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

"Dari sisi kebijakan sudah sampai ke pak wagub, menteri, menko maritim. Delapan bupati di kawasan Danau Toba juga sudah berasedia Jika nantinya gojek menyentuh mereka," ujar Senior Manager of Government Relation Gojek Regional Sumatera, Muhammad Ruslan kepada wartawan di Kantor BPODT di Medan, Selasa 26 April 2019.

Selain menawarkan jasa transportasi, Ruslan mengatakan, Gojek akan melakukan pembinaan terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal ini, melihat potensi UMKM di Toba cukup besar. Termasuk kuliner yang juga sedang didata mereka untuk masuk ke GoFood. 

Geopark Kaldera Toba, Situs Diakui UNESCO yang Miliki Ragam Aktivitas Wisata

"Kerja sama dengan BPODT sangat menjanjikan. Jadi misalnya dari sisi UMKM. Kita akan lakukan pelatihan dengan para pelaku UMKM. Karena kita enggak mau hanya cita rasanya saja. Jadi setiap daerah punya cita rasa. Tapi packing. Harus benar-benar dibuat menarik. Planning-nya akan ke sana," tutur Ruslan.

Pihaknya juga akan bekerjasama dengan BPODT untuk melatih pelayanan para mitranya. Karena para wisatawan yang datang pasti akan menilai itu. Jika tidak, pastinya wisatawan tidak akan kembali lagi ke Toba. 

GoTo Rugi Rp 90 Triliun pada 2023, Manajemen Ungkap Penyebabnya

"Untuk Gocar misalnya, kalau sopir bau badan, enggak bisa. Kebersihan juga penting. Jadi turis merasa nyaman. Namun tidak berlebihan."

Direktur Utama BPODT, Arie Prasetyo menyambut baik dengan akan beroperasinya Gojek dan sebelumnya Grab juga sudah beroperasi di kawasan Danau Toba, baru-baru ini. "Kami semakin optimis target satu juta wisatawan bisa tercapai. Ini juga menjawab wisatawan yang kerap mengeluh bila ke Danau Toba hanya tersedia makanan hotel," ujar Arie. (mus)

Trail of The Kings Danau Toba 2024.(dok BPODT)

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

event lari trail berstandar internasional, dengan bertajuk 'Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition', yang berlangsung di Water Front City, Pangururan, Kabupaten Samosir,

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024