Juni 2019, JICA Studi Kelayakan Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya

Ilustrasi Kereta Cepat.
Sumber :
  • tekkenweb.sakura.ne.jp

VIVA – Japan International Cooperation Association atau JICA memastikan, proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya bakal memasuki tahap studi kelayakan atau feasibility studies/FS pada Juni 2019. Sebelumnya, JICA telah rampung melakukan proses pra FS sejak November 2018.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Kepala Perwakilan Kantor JICA Indonesia, Shinichi Yamanaka menjelaskan, proses penjajakan studi kelayakan tersebut akan berlangsung paling lama satu setengah tahun. Sehingga, JICA dikatakannya baru akan menentukan komitmen sebagai investor tunggal atau tidak usai proses itu.

Begitu juga, terkait anggaran kebutuhan pembangunan proyek tersebut yang ditegaskannya belum dipastikan. Dengan begitu, besaran anggaran yang sebelumnya diajukan pemerintah maksimal sebesar Rp60 triliun dikatakannya belum menjadi harga yang pasti.

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

"Nanti, baru akan dipertimbangkan setelah keluar hasil FSnya," kata dia, saat ditemui di Gedung Bappenas, Jakarta, Kamis 4 April 2019.

Dengan selesainya FS tersebut, dia mengatakan, JICA dan Indonesia nantinya baru bisa menentukan desain pembangunan proyek kereta semi cepat itu, sekaligus penentuan kontraktor maupun konsultannya, sehingga kebutuhan anggaran pembangunan baru bisa terbentuk.

Stasiun Whoosh di Karawang Belum Beroperasi, Erick Thohir Ungkap Penyebabnya

"Biasanya, setelah itu akan ada pembuatan detail desain, terus setelah itu baru pemilihan tender kontraktor dan konsultan," tegas dia.

Sebagai informasi, kereta semi cepat Jakarta-Surabaya bakal memiliki kecepatan rata-rata 140 kilometer per jam. Dengan begitu, masyarakat bisa menuju ke Jakarta-Surabaya maupun sebaliknya hanya memakan waktu tempuh lima jam 30 menit. (asp)

Menlu China Wang Yi bersama Menko Marves Luhut B. Pandjaitan.

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dengan makin meningkatnya penumpang Kereta Cepat Whoosh saat ini.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024