Jelang Mudik, Sistem Transaksi Tol Tanpa Henti Diuji Coba

Gerbang Tol Cikupa di Tangerang, Banten.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Jelang mudik Idul Fitri, sistem transaksi tanpa henti atau Single Lane Free Flow (SLFF) di jalan tol, terus di uji coba agar siap digunakan. Gerbang tol yang telah dilakukan uji coba yakni di Ciujung, Karang Tengah dan Cikupa.

Dorong Transaksi Non Tunai, Bank Mandiri Pamer Layanan Mandiri Contactless

"Saat ini kami masih dalam tahap persiapan menuju sistem SLFF. Dalam penerapan free flow ini dibutuhkan kesiapan tidak hanya dari pihak pengelola jalan tol saja, namun juga kesiapan dari masyarakat beralih dari sistem manual dan otomatis menuju sistem free flow," kata Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS), Krist Ade Sudiyono, Jumat 5 April 2019.

Menurut Ade, Uji coba SLFF telah dilakukan sejak 2016 dan masih terus dilakukan perbaikan, hingga siap diterapkan dalam proses pembayaran di gerbang tol tanpa harus menghentikan kendaraan.

Tarif QRIS Harus Ditunda, Gus Imin: UMKM Baru Bangkit

"Diharapkan dapat mempercepat waktu tempuh pengguna jalan, serta meningkatkan kapasitas transaksi di ruas Tol Tangerang-Merak," ujarnya.

SLFF merupakan sistem pembayaran tanpa henti dalam setiap lajur transaksi. Sistem ini menganut Intelligent Traffic System (ITS).

Keseruan Bertransaksi Non Tunai Menggunakan QRIS BNI Mobile Banking di BNI Java Jazz Festival 2023

Teknologi yang digunakan dalam SLFF menggunakan Dedicated Short Range Communication (DSRC), untuk memungkinkan penyimpanan data atau identitas kendaraan di dalam alat yang diletakkan di dalam kendaraan atau on board unit (OBU).

Sistem kerja DSRC dengan berbasis pada pertukaran alat informasi antara alat dan pembaca atau reader menggunakan gelombang 5,8 GHz, dengan jarak dekat dan penggunaan emisi energi yang rendah.

Reader yang diletakkan di atas jalan berada di gerbang atau gantries, akan medeteksi dan mengklasifikasikan kendaraan yang melintas sehingga tarif yang dibayarkan akan lebih akurat sesuai dengan jenis kendaraan dan jarak tempuh.

"Saat ini instalasi SLFF sudah dipersiapkan di entrance Gerbang Tol Serang Barat dan Cikande, Exit Gerbang Tol Cikupa dan Serang Timur dengan masing-masing satu lajur," ujar pengelola jalan Tol Tangerang-Merak itu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya