Permudah Pasokan ke Pengrajin, Jokowi Terpikir Buat Bulognya Rotan

Presiden Joko Widodo saat di pengrajin rotan Plered, kota Cirebon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Reza Fajri

VIVA – Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo melakukan rangkaian kampanye terbuka di Kabupaten Cirebon dan Indramayu, Jawa Barat pada Jumat 5 April 2019 ini.

Menengok Klaster Usaha Binaan BRI, Manfaatkan Hama Eceng Gondok Jadi Anyaman Bernilai Tinggi

Pasangan Ma'ruf Amin ini, kemudian melakukan ibadah salat Jumat di Plered, Cirebon. Usai salat, Jokowi menyempatkan menyambangi para pengrajin rotan yang ada di dekat masjid.

Dari pantauan, capres petahana ini terlihat mengecek hasil kerajinan rotan yang telah dibuat. Jokowi juga terlihat, mengobrol dengan beberapa pengrajin yang ditemuinya.

Kisah Haru Pengrajin di Jepang Cari Kucing-kucingnya yang Hilang Pasca Gempa

"Dari dulu, kekuatan rotan besar. Tapi ingat, ada subtitusinya, yaitu rotan plastik. Kita harus ngerti ini, dengan kondisi persaingan kadang-kadang muncul barang-barang plastik yang lebih kuat, lebih cantik. Tapi tetap, yang alami itu rotan, dari alam," kata Jokowi.

Jokowi juga mendengar masukan dari para perajin. Dia mengakui, ada permasalahan mengenai suplai bahan-bahan baku yang menghambat industri rotan tersebut.

Produk Anyaman Dapatkan Peluang Business Matching Di UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023

"Ya, ini memang dari dulu problem yang sering ada di sini, suplai bahan baku yang tidak continue (berkelanjutan) terus menerus, kadang ada kadang tidak," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini, kemudian terpikir untuk membuat semacam Bulog untuk industri rotan. Sehingga, penyediaan stok untuk industri rotan tidak mengalami hambatan.

"Tadi, kita berpikiran membuat bulognya rotan. Kita beli stok dari petani rotan di Sulawesi, Kalimantan, distok di bulognya rotan. Pengrajinnya tinggal belinya di dekat sini. Nanti, kita mau matangkan lagi," ucap dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya