Survei: Investor Lokal Optimis Ekonomi RI dalam Kondisi Baik

Ilustrasi investor pasar modal.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Investor domestik memiliki optimisme yang baik terhadap kondisi perekonomian, khususnya pasar modal secara umum pada 2019. Hal itu tercermin dari survei yang dilakukan Katadata Insight Center melalui Katadata Investor Confidence Indeks. 

IHSG Masih Berpeluang Menguat, Simak Saham-saham Pilihan Hari Ini

Panel Ahli Katadata Insight Center, Damhuri Nasution dalam pemaparannya menjelaskan, survei tersebut dilakukan terhadap 255 investor institusi yang rata-rata mengelola dana investasi lebih dari Rp700 triliun, sehingga mereka akan sangat memengaruhi pasar keuangan Indonesia.

Para investor yang disurvei tersebut, terdiri dari perusahaan manajemen investasi, dana pensiun dan asuransi. Indeks yang muncul dari survei terhadap tiga kategori perusahaan tersebut pada kuartal I-2019, menunjukkan angka 149,6, lebih tinggi dari indeks kuartal IV-2018, yang angkanya hanya mencapai 139,1 poin. 

Perangnya di Ukraina Kok Pasar Modal RI Negatif, Ini Sebabnya

"Di kuartal I-2019, menunjukkan bahwa investor makin optimis kondisi perekonomian dan pasar modal kita. Itu bisa dilihat dari Katadata Investor Confidence Index yang naik dari 139,1 di kuartal IV- 2018 lalu, menjadi 149,6 poin di kuartal I ini," tuturnya di Jakarta, Kamis 11 April 2019.

Perbaikan penilaian terbesar dari para investor, dikatakannya, terjadi untuk komponen pembentuk indeks ekspektasi terhadap kondisi ekonomi global saat ini dan tiga bulan mendatang, dari yang sebelumnya hanya 103,5 menjadi 131,8 poin. Disusul oleh penilaian terhadap kondisi pasar saham dari 120,9 menjadi 145,9 poin.

Perusahaan Teknologi Diproyeksi Makin Mendominasi Ekonomi RI

Sementara itu, untuk komponen penilaian investor terhadap kondisi ekonomi Indonesia dan kondisi perusahaan responden dikatakannya cenderung mengalami kenaikan tipis, yang masing-masing adalah dari 153,5 ke 157,3 dan 170,3 ke 174,9 poin.

"Ini seiring dengan menurunnya peluang kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat, dan juga menurunnya peluang suku bunga obligasi pemerintah AS. Di samping itu, ada optimisme perang dagang antara China dan AS berakhir, jadi ini disambut positif pelaku pasar," ungkap dia

Dari seluruh kelompok investor yang di survei, dikatakannya, memberikan optimisme yang semakin meningkat. Namun, untuk tahun ini, yang memberikan rasa optimistis tersebar terhadap kondisi ekonomi dan pasar modal adalah kelompok investor Asuransi.

Indeks kelompok investor asuransi mengalami peningkatan indeks dari yang pada kuartal IV-2018, sebesar 139,2 menjadi 157,4 poin. Diikuti oleh kelompok Manajemen Investasi dari yang 138,1 menjadi 148,5 poin, sedangkan untuk dana pensiun mengalami peningkatan dari 140,2 menjadi 146,0 poin.

"Itu yang dana pensiun lebih rendah, karena volatilitas imbal hasil surat utang negara kurang baik. Jadi, suku bunga obligasi pemerintah naik turunnya luar biasa, itu bikin mereka agak worry masuk ke pasar saham. Ini yang buat kinerja portofolio mereka kurang bagus di kuartal I tahun ini," tutur dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya