Phillip Asset Rilis Produk Reksa Dana ETF Perdananya

Direktur Utama Phillip Asset Management, Pradono Joko T. Himawan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Phillip Asset Management mengumumkan produk baru mereka berupa Reksa Dana Exchange Traded Fund atau ETF, berbasis saham-saham unggulan dalam Morgan Stanley Capital International atau MSCI Indonesia Index.

Panduan Lengkap Investasi Reksadana untuk Pemula, Dari A sampai Z

Direktur Utama Phillip Asset Management, Pradono Joko T. Himawan menjelaskan, produk yang telah resmi terdaftar dengan kode XPMI ini memiliki nama lengkap Reksa Dana Indeks ETF Phillip MSCI Indonesia Equity Index.

"MSCI dengan basis MSCI Indonesia Index kami pilih karena merupakan indeks yang sangat populer bagi investor domestik maupun luar negeri, serta banyak digunakan sebagai acuan terhadap kinerja pasar Indonesia," kata Joko di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat 12 April 2019.

5 Tips Memulai Investasi di Bulan Ramadhan

Selain itu, Joko menilai bahwa indeks MSCI Indonesia ini memiliki korelasi yang sangat dekat, rata-rata sekitar 0,98 dalam lima tahun terakhir, dengan indeks IHSG.

"Produk ini bukti dari komitmen kami untuk aktif mengembangkan dan memberikan inovasi produk investasi terbaik yang likuid, efisien, serta optimal bagi para investor," ujar Joko.

BRI-MI Sabet Top 5 Manajer Investasi di Tahun Pertama Gabung BRI Group

Joko optimistis pihaknya akan mampu menarik banyak investor, baik institusi maupun individu, melalui produk XPMI ini. Mengenai apa yang melatarbelakangi optimismenya tersebut, Joko mengaku produk ini memiliki keunggulan dengan empat alasan.

Pertama adalah biaya pengelolaan yang rendah dibanding produk-produk pada kelasnya di Indonesia. Kedua, XPMI ini memiliki kinerja yang optimal dan sangat dekat dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

"Kemudian mudah ditransaksikan melalui aplikasi atau platform online dari dealer partisipan, dan terakhir adalah karena ini merupakan perpaduan sinergi di antara dua lembaga internasional yang berfokus pada bidang keuangan yang terpercaya, yakni Phillip Capital dan MSCI," ujarnya.

XPMI memiliki nilai aktiva bersih (NAB) awal sebesar Rp1.000 per unit penyertaan, dengan minimum pembelian sebanyak satu Unit Kreasi atau 100 ribu unit penyertaan di pasar primer. Sementara itu, di pasar sekunder, produk ini dapat dibeli dengan minimum satu lot (100 unit penyertaan).

Dalam peluncuran XPMI ini, Phillip Asset Management telah menjalin kerja sama dengan Phillip Sekuritas Indonesia sebagai dealer partisipan, dan menunjuk PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai bank kustodian. 

Dengan hadirnya produk ETF XPMI ini, diharapkan bisa menjadi tambahan pilihan baru bagi para investor yang ingin mencari produk unggulan untuk melakukan diversifikasi investasi jangka panjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya