Permintaan Sewa Tempat Usaha di Sekitar MRT Meningkat

Interior pada stasiun MRT Jakarta yang berada di Blok M, Jakarta.
Sumber :
  • Twitter.com/@mrtjakarta

VIVA – Beroperasinya Moda RayaTerpadu atau MRT rute Lebak Bulus-Bundaran HI sejak akhir Maret 2019 lalu, ternyata membawa dampak yang cukup positif bagi industri properti ibu kota. Khususnya bisnis penyewaan ruang usaha untuk kegiatan ritel.

Dirut MRT Jakarta Beberkan Alasan Revitalisasi Kawasan Blok M

Head of Retail Jones Lang LaSalle (JLL), Cecilia Santoso menyebut, kehadiran MRT ternyata mampu menghasilkan peningkatan pada tingkat penyewaan ruang usaha ritel, di sekitar jalur MRT tersebut berada.

"Jadi ruang-ruang usaha ritel (di sekitar jalur MRT) banyak diburu dan ditempati oleh para pengusaha ritel di bidang makanan dan minuman, sejumlah ruang usaha yang sebelumnya sudah ada pun kembali diminati oleh mereka," kata Cecilia di kawasan SCBD, Jakarta, Jumat 12 April 2019.

Diskon! Naik MRT Jakarta Cuma Rp 243 pada 23-24 Maret 2024

"Contohnya seperti di Blok M Plaza. Sekarang di sana itu sudah mulai ramai lagi sama pengunjung," tambahnya.

Cecilia mengakui, bahwa animo para pengusaha ritel untuk berburu ruang usaha di sekitar jalur MRT ini, sebenarnya sudah terlihat sejak masa uji coba MRT dilakukan. Namun, saat itu mereka sepertinya masih menahan diri, sambil melihat perkembangan proyek MRT sampai akhirnya berhasil diresmikan dan beroperasi hingga saat ini.

Knowing Rules for Breaking the Fast Inside Public Transportation

"Kalau kemarin-kemarin kan mereka itu masih banyak yang ragu, bahwa apakah nanti (MRT) ini bisa berjalan lancar, atau jalannya smooth, atau bahkan ada kendala," ujarnya

Namun, setelah akhirnya uji coba MRT berjalan lancar dan peresmiannya pun telah dilaksanakan, Cecilia mengatakan, banyak dari para pelaku ritel yang makin gencar berburu ruang usaha atau toko-toko di stasiun MRT. Maupun, mal-mal yang berada dekat dengan stasiun-stasiun MRT tersebut.

Hal itu menurutnya juga mampu membuat para pelaku usaha ritel itu tidak terlalu mempedulikan harga sewa. Karena potensi pengembangan bisnis di jalur-jalur sepanjang MRT itu dinilai sangat prospektif bagi usaha mereka.

"Meskipun tentunya harga (sewa) akan semakin tinggi akibat adanya akses MRT di sekitarnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya