Pemilu dan Libur Nasional, Pasokan BBM dan LPG Aman

Pertamina Gelar Apel Siaga Pengamanan Jelang Pemilu 2019
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – PT Pertamina Marketing Operation Region III wilayah Jawa Bagian Barat memastikan kesiapan pasokan BBM dan LPG (Liquefied Petroleum Gas) di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten aman.

Harga Minyak Naik, Pengamat: Momentum Gunakan BBM Kualitas Tinggi

Kesiapan pasokan BBM dan LPG itu untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat, mengingat pekan ini ada penyelenggaraan Pemilu 2019 dan libur nasional. Pasokan BBM diperkirakan tidak mengalami lonjakan berarti, sedangkan pasokan LPG meningkat rata-rata sekitar 4,3 persen.

Unit Manager Communication Relations and CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami menjelaskan, realisasi rata-rata harian BBM di wilayah MOR III DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat untuk jenis gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo) diperkirakan mencapai 27,3 ribu kilo liter (KL). Sementara itu, estimasi realisasi rata-rata harian gasoil (Solar, Dexlite dan Pertamina Dex) sebesar 10,1 ribu KL.

Dewi menambahkan, konsumsi gasoline menunjukkan kenaikan sekitar 2 persen dari Maret ke April 2019. Sementara itu, pada periode yang sama, konsumsi gasoil mengalami kenaikan 3 persen. 

Harga Minyak Meroket, Pengamat: Jangka Pendek Pertalite Jangan Naik

“Kenaikan realisasi terjadi pada semua produk BBM. Hal ini disebabkan banyaknya hari libur dan aktivitas jelang Pemilu sejak Maret lalu,” ujar Dewi dikutip dari siaran pers yang dikutip Rabu 17 April 2019.

Sementara itu, untuk penyaluran LPG, Pertamina MOR III telah menyiapkan tambahan pasokan rata-rata sebesar 4,3 persen dari pasokan normal, untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan mengingat pekan ini memiliki banyak hari libur nasional. 

Paling Banyak Dikonsumsi, DEN Wanti-wanti Pasokan Pertalite Dijaga

“Kenaikan pasokan LPG kami siapkan karena Pemilu yang menjadi pesta rakyat menjadi ajang berkumpul masyarakat di lingkungannya. Selain itu, pada pekan ini juga memiliki beberapa hari libur sehingga konsumsi LPG baik untuk keperluan hunian maupun rumah makan diperkirakan meningkat,” ujar Dewi.

Dewi menambahkan, penjualan bahan bakar avtur dalam kondisi normal dengan kisaran penjualan harian sebesar 6.400–6.600 KL pekan ini. Supply point atau titik serah avtur Pertamina MOR III yakni berada pada Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Soekarno-Hatta, DPPU Halim Perdanakusuma, DPPU Husein Sastranegara Bandung, DPPU Pondok Cabe, serta DPPU Kertajati Majalengka. 

Pertamina juga telah mengatur sistem jadwal pendistribusian BBM dan LPG agar seluruh pekerja dan tenaga kerja penunjang yang berkaitan dengan kegiatan tersebut tetap dapat menjalankan haknya saat Pemilu 17 April 2019.

Sebelumnya, Pertamina telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pemilu sejak 18 Februari 2019 untuk memastikan keamanan sarana dan fasilitas Pertamina dari mulai kegiatan hulu, produksi di Kilang dan distribusi kepada masyarakat. Upaya itu, memastikan keamanan pasokan BBM dan LPG di seluruh wilayah Indonesia.

“Kami bekerja sama dengan TNI dan Polri dalam upaya kesiapan dan pasokan energi sebagai bagian dari hal strategis dalam pengamanan Pemilu,” kata Dewi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya