Cara Pemerintah Tekan Angka Kemiskinan di Bawah 9 Persen di 2020

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas dengan jajaran menterinya tentang ketersediaan anggaran dan pagu indikatif tahun 2020. Namun begitu, asumsi-asumsi dalam APBN 2019 belum ditetapkan secara pasti. 

8 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Terendah di Dunia

"Ya tentunya asumsinya sudah menuju ke titik, tapi nanti asumsi final-nya pas pengajuan nota keuangan nanti," ujar Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro usai ratas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 22 April 2019. 

Saat dimintai keterangan soal program pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi fokus pemerintahan dalam APBN 2020, Bambang menjabarkan bahwa pemerintah memiliki target bahwa pendidikan dan kesehatan harus ada perbaikan. 

Pj Gubernur Agus Fatoni Beberkan Jurus Turunkan Kemiskinan Ekstrem di Sumsel

"Di bidang pendidikan dan kesehatan didefinisikan lagi mana yang menjadi prioritas untuk lima tahun ke depan, terutama untuk tahun depan salah satunya pendidikan, kita mau serius genjot yang vokasi," kata Bambang. 

Mantan menteri keuangan itu, menjelaskan bahwa pemerintah akan membuat program pendidikan vokasi menjadi lebih besar dan tentunya diiringi dengan pelatihan-pelatihan. Selain itu, revitalisasi SMK dikatakannya menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari vokasi.

Dalam Sidang Sengketa Pilpres di MK, Menko PMK Sebut Penyaluran Bansos Sesuai Peraturan Presiden

"Gambaran besarnya tetap vokasi, pendidikan vokasi itu ada yang sifatnya training ada yang sifatnya pendidikan, ada pendidikan di menaker ada yang di (Kementerianl) pendidikan. Jadi dua-duanya harus jalan karena satu bicara demand, satu bicara suplai," ungkap dia. 

Dengan fokus pada pendidikan dan kesehatan di 2020, Bambang menekankan upaya ini tidak terpisah dengan semangat untuk menurunkan kemiskinan. Ia pun mengatakan, pemerintah berharap kemiskinan tahun depan bisa turun ke level di bawah 9 persen. 

"Kalau kemiskinan tahun ini kita harapkan menuju 9 persen, tahun depan di bawah 9 persen, kita harapkan," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya