Jokowi Ingin Anggaran Infrastruktur Kementerian Lain Dialihkan ke PU

Sidang Kabinet Paripurna
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Meski fokus Pemerintah Pusat sudah ke pengembangan sumber daya manusia atau SDM besar-besaran, namun di sejumlah daerah di Indonesia, ternyata masih membutuhkan sentuhan infrastruktur. 

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Hal itu diakui Presiden Joko Widodo, yang mendapatkan masukan dari sejumlah pemerintah daerah, yang masih berharap adanya pembangunan infrastruktur.

"Berkaitan belanja modal bicara dengan seluruh kabupaten dan provinsi, memang kecenderungan sebagian besar mereka masih berkutat infrastruktur. Kekurangan infrastruktur," jelas Presiden Jokowi, dalam sidang kabinet paripurna di Istana Bogor, Selasa 23 April 2019.

Empat Alasan Utama Publik Puas dengan Kinerja Jokowi, Menurut Survei Indikator

Kebutuhan infrastruktur di daerah, menurutnya, beragam. Baik itu akses jalan raya, hingga soal kebutuhan akan pengairan atau irigasi. Selama ini, selain jalan raya yang dilakukan oleh pemerintah adalah membangun bendungan dan embung, beserta irigasinya. 

Di setiap kementerian, lazimnya juga ada mata anggaran terkait infrastruktur. Jika ragu, Jokowi ingin agar anggaran di kementerian itu dilimpahkan ke Kementerian Pekerjaan Umum (Kementerian PU) untuk direalisasikan. 

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

"Kalau melihat perjalanan kemarin empat tahun ini, Kementerian PU yang bisa merealisasikan anggaran-anggaran yang diberikan, mungkin anggaran yang di kementerian lain ragu, masukan saja ke PU," kata Jokowi. (asp)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024