KSSK Pastikan Sistem Keuangan Kuartal I 2019 Stabil dan Terjaga

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Komite Stabilitas Sistem Keuangan atau KSSK menyatakan bahwa kondisi perekonomian dan sistem keuangan di Indonesia secara keseluruhan tetap stabil dan baik hingga Kuartal I 2019. Padahal tantangan global maupun domestik tetap terjadi pada periode itu.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan itu selaku Ketua KSSK saat konferensi pers hasil rapat berkala anggota KSSK pada 22 April 2019 lalu. Anggota KSSK itu terdiri dari Gubernur Bank Indonesia, Ketua Dewan Komisoner Otoritas Jasa Keuangan, dan Lembaga Penjaminan Simpanan.

"Dari rapat kemarin, kita dari KSSK menyampaikan hasil pemantauan adalah bahwa stabilitas sistem keuangan Kuartal I 2019 terjaga dengan baik," katanya di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa, 23 April 2019.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Stabilitas itu, menurutnya, juga didukung oleh aman dan terkendalinya pelaksanaan pemilu 2019. Pemilu yang aman dan tertib turut meningkatkan kepercayaan publik pada stabilitas sistem keuangan.

Meski demikian, KSSK mencermati beberapa potensi risiko, terutama yang berasal dari perekonomian global, yaitu pelemahan pertumbuhan ekonomi global dan penurunan volume perdagangan dunia, sebagaimana menjadi perhatian dalam Spring Meetings 2019 International Monetary Fund-World Bank.

Lembaga Survei yang Hasilnya Akurat dan Kredibel Bakal Jadi Rujukan di Pilpres 2024

Dari sisi domestik, tantangan yang dihadapi adalah menjaga momentum pertumbuhan ekonomi dengan memacu investasi dan ekspor dengan tetap menjaga stabilitas sistem keuangan.

"Merespons hal tersebut, KSSK terus memperkuat koordinasi kebijakan moneter, fiskal, makroprudensial, mikroprudensial, dan penjaminan simpanan untuk mempertahankan stabilitas ekonomi serta menjaga momentum pertumbuhan ekonomi,” katanya.

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024