Nihil Kecelakaan Dian Swastatika Diganjar Penghargaan dari Menaker

PT Dian Swastatika Sentosa raih penghargaan K3 dari Kementerian Tenaga Kerja.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – PT Dian Swastatika Sentosa Tbk, salah satu perusahaan Grup Sinarmas yang berfokus pada bisnis energi dan infrastruktur, menerima penghargaan kecelakaan nihil dari Kementerian Tenaga Kerja. 

Brigjen Sharif Tuding Israel Berbohong Pembangkit Listriknya Rusak Usai Serangan Iran

Penghargaan tersebut diberikan atas prestasi tiga anak perusahaan berkode saham DSSA itu, yaitu PT DSSP Power Sumsel, PT DSSP Power Kendari, dan PT SKS Listrik Kalimantan, melaksanakan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri mengatakan setiap perusahaan harus menekankan pentingnya pelaksanaan dan pengawasan K3, serta mendorong agar budaya K3 dapat diterapkan secara luas di tengah masyarakat.

Strategi PLN Indonesia Power Pastikan Pasokan Listrik saat Mudik Lebaran Aman

"Saya sangat mengapresiasi pencapaian ini dan berharap agar perusahaan-perusahaan penerima penghargaan K3 bisa menjadi teladan bagi perusahaan-perusahaan lainnya” ujar Hanif dalam keterangannya, Rabu 24 April 2019.

Sementara itu, CEO Bisnis Energi DSSA, Lokita Prasetya mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen menerapkan sistem manajemen K3 secara konsisten dan berkesinambungan di seluruh operasi perusahaan.  

Kontroversial, Pembangunan PLTA Terbesar di China Jadi Sorotan

"Diharapkan dengan penerapan K3, bahwa risiko yang tidak diinginkan dan yang dapat menimbulkan kerugian dapat diantisipasi," kata Lokita.

Perlu diketahui, DSSA memiliki lebih dari 2.000 karyawan di berbagai lokasi di Indonesia. DSSA telah memiliki tiga pembangkit listrik swasta atau  (independent power producer/IPP) PLTU. 

IPP PLTU Sumsel-5 berkapasitas 2x150 MW di Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, dikelola oleh PT DSSP Power Sumsel, dan sudah beroperasi secara komersial sejak Desember 2016. 

IPP PLTU Kendari-3 berkapasitas 2x50 MW di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, dikelola oleh PT DSSP Power Kendari, dan diharapkan akan dapat beroperasi secara komersial pada 2019. 

IPP PLTU Kalteng-1 berkapasitas 2x100 MW di Tumbang Kajuei, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, dikelola oleh PT SKS Listrik Kalimantan, dan diharapkan akan dapat beroperasi secara komersial pada 2019. 

Kemudian, selain ketiga IPP PLTU tersebut, DSSA juga memiliki empat captive power plant yang terletak di Serang, Tangerang, dan Karawang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya